Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Banjir Terjang Pemukiman, Sejumlah Sekolah Diliburkan
Sabtu, 10-02-2018 | 15:45 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Hujan lebat yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Jombang, membuat aliran Sungai Maryomo meluap. Akibatnya, ratusan pemukiman warga yang dilintasi aliran sungai terendam banjir dengan ketinggian bervariatif.

Salah satu kawasan yang masih terendam air ini adalah di Desa Jatigedong Kecamatan Ploso Jombang. Air di kawasan ini masih menggenangi rumah warga dengan ketinggian satu pinggang orang dewasa. Air tidak hanya mengenai jalan, sejumlah rumah masih terendam banjir. Akibatnya, aktifitas warga terdampak banjir lumpuh.

Selain menggenangi pemukiman, banjir masuk ke sejumlah sekolah di Desa ini, Sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) terpaksa diliburkan karena air masuk ke ruang kelas dan halaman sekolah dengan ketinggian kurang lebih 70 cm.

Rafki, salah satu siswa madrasah di desa ini mengaku, air masuk ke ruang kelas pagi saat dirinya berangkat sekolah. Ketika ketinggian air semakin bertambah, pihak guru meliburkan seluruh sekolah dan memulangkan anak didiknya.

Suparman, warga setempat mengatakan, banjir terjadi akibat luapan Sungai Marmoyo, air masuk ke perkampungan warga saat pagi hari.

"Ketinggian air sampai siang ini (10/2) sudah 70 cm lebih, warga khawatir jika hujan turun lagi, banjirnya akan semakin tinggi dan masuk ke rumah warga lebih banyak," jelas Suparman.

Selain Desa Jati Gedong,banjir juga sempat mengenangi rumah di Desa Pager Tanjung Kecamatan Ploso dan sejumlah desa di Kecamatan Kabuh. Banjir yang terjadi setiap musim penghujan ini akibat sungai tidak mampu menampung debit air akibat curah hujan yang tinggi.

Warga berharap ada bantuan dan penanganan khusus dari pemerintah agar banjir bisa teratasi dan tidak mengganggu aktifitas warga. (end)




Berita Terkait


Usai Banjir Bandang, Warga Bangun 5 Jembatan Darurat Yang Putus

Tembok Pembatas Perum Darmala Jebol, Puluhan Rumah Warga Terendam Air Hujan

Bupati dan Danrem Tinjau Lokasi Banjir Bandang dan Tanah Longsor

Dampak Banjir Tiris, Jalan Tertimbun Longsor Dan 5 Jembatan Putus


Saluran Air Menyempit Banjir Genang SMPN 18

Tanah Longsor dan Banjir Bandang Sapu Puluhan Rumah

Sebanyak 6 Kerbau Mati Akibat Terendam Banjir Luapan Air Sungai

Berikut Peta Bencana Banjir dan Angin Puting Beliung di Kota Madiun
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber