Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Harga Ikan Laut Mahal Akibat Dampak Cuaca Buruk
Sabtu, 10-02-2018 | 12:36 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Cuaca buruk yang melanda pesisir utara Tuban, Jawa Timur, menyebabkan harga ikan laut mahal di pasaran. Harga ikan naik antara Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu per kilogram akibat minimnya pasokan ikan dari nelayan.

Kondisi ini terpantau terjadi di Pasar Ikan Kradenan, Kecamatan Palang, Tuban, Jawa Timur. Pasar ikan tradisional yang biasanya ramai, kini tampak lebih sepi. Stok ikan sangat sedikit dan bahkan hanya terdapat beberapa jenis ikan tertentu saja yang diperdagangkan. Itu pun dalam jumlah terbatas.
 
Stok ikan yang minim ini, membuat harga ikan laut melambung tinggi. Kenaikan berkisar antara Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu per kilogram akibat menurunnya pasokan ikan dari nelayan setempat. Harga cumi-cumi, yang biasanya hanya berkisar Rp 55 ribu kini menjadi Rp 60 ribu. Sementara ikan kerapu dan kakap yang biasanya seharga Rp 35 ribu sampai Rp 40 ribu, kini naik menjadi Rp 50 ribu hingga Rp 65 ribu per kilogram.
 
Ikan lainnya seperti tengiri melonjak drastis mencapai Rp75 ribu per kilogram, sementara jenis kepiting dan rajungan naik hingga mencapai kisaran Rp 80 ribu per kilogram.
 
Harga paling rendah hanyalah jenis ikan dasar seperti ikan trumpah, togek, tetet, dan kuningan yang kini dijual seharga Rp 25 ribu per kilogram.
 
Para pedagang mengaku sedikitnya stok ikan ini, lebih disebabkan terus menurunnya hasil tangkapan ikan yang didapat para nelayan sekitar akibat dampak cuaca yang tidak menentu. "Stok ikan terbatas, jadi terpaksa mendatangkan ikan dari luar daerah seperti Lamongan dan Rembang," tutur Salamah, pedagang ikan di Pasar Ikan Kradenan.
 
Sementara harga ikan yang mahal ini, juga membuat para pedagang sepi pembeli. Bahkan beberapa jenis ikan yang mereka jual menjadi tidak laku, meski telah berjualan, hingga sore hari.
 
Para pedagang berharap cuaca segera membaik sehingga aktifitas jual beli ikan kembali normal seperti sebelumnya.(end)

Berita Terkait


Musim Tanam, Harga Ikan Tambak di Lamongan Anjlok

Harga Ikan Bandeng Mulai Naik Akibat Stok yang Berkurang

Stok Ikan Laut Minim, Harga Ikan Laut Naik

Cuaca Buruk, Stok Ikan Menipis


Pasca Lebaran, Harga Ikan Tambak Tambah Murah

Jelang Lebaran, Harga Ikan Laut Makin Mahal di Bojonegoro

Pengaruh Cuaca Buruk, Harga Ikan Merangkak

Cuaca Ekstrem, Harga Ikan Laut di Pasaran Makin Mahal

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber