Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Cegah Difteri, Pemkab Malang Lakukan Imunisasi Difteri
Kamis, 08-02-2018 | 22:24 wib
Oleh : Khaerul Anwar
Malang pojokpitu.com, Provinsi Jawa Timur sudah ditetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) dalam kasus virus difteri yang menyerang balita. Gejalanya sesak nafas dan bercak putih pada tenggorokan atau mulut dapat mengakibatkan kematian. Tidak mau kecolongan akan hal tersebut, Provinsi Jawa Timur terus menggerakkan imunisasi dipelosok desa untuk mencegah balita.

Seperti yang dilakukan di Desa Tulungrejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, yang mendapatkan respon positif dari masyarakat dengan mengikuti imunisasi yang diadakan bidan desa dan perangkat desa setempat.

Sedikitnya terdapat 14.950 anak usia 1 hingga 19 tahun yang sudah mendaftar maupun datang sendiri ke kepelayanan untuk mendapatkan suntikan imunisasi difteri gratis yang diadakan di kecamatan Donomulyo.

Untuk target perhari yang dilaksanakan pada Februari ini, sedikitnya 38 anak balita maupun usia dibawah 19 tahun yang mengikuti imunisasi dari bidan Desa Tulungrejo dibantu para kader desa.

Berbagai ekspresi wajah anak-anak balita juga bervariasi saat mendapatkan suntikan dari bidan, dan tak ayal banyak balita menangis saat mendapatkan suntikan imunisasi tersebut.

Menurut bidan Desa Tulungrejo, Bekti Rahayu, menjelaskan, Pelaksanaan imunisasi akan dilaksanakan pada bulan Februari, Maret, Juli dan November 2018. Diharapkan kejadian luar biasa ini tidak terjadi kembali di Jatim setelah mendapatkan pencegahan sejak dini.

"Meskipun tidak ada masyarakat Donomulyo yang terjangkit, namun pencegahan perlu dilakukan," jelas Bekti Rahayu

Penanggung jawab program imunisasi dipuskesmas donomulyo, Sri Sukisti, mengatakan, ada 3 kriteria imunisasi yanng dilakukan, baik untuk anak usia 1 hingga 5 tahun, 5 hingga 7 tahun dengan imunisasi difteri tetanus, dan usia hingga dibawah 19 tahun yang akan mendapatkan imunisasi tetanus difteri.

"Masyarakat di Donomulyo sangat mengapresiasi kegiatan ini," terang Sri Sukisti

Wilayah Jawa Timur di pelosok desa akan memanfaatkan tiap puskesmas yang memiliki bidan untuk melaksanakan program Pemprov Jatim dalam pencegahan awal terhadap serangan virus atau microbakterium agar bisa dicegah sejak dini penyebarannya. (pul)

Berita Terkait


Insiden Vaksin Difteri, Forum LSM Lurug DPRD

Disuntik Difteri, Puluhan Siswi SMA Menangis dan Histeris

Cegah Difteri, Pemkab Malang Lakukan Imunisasi Difteri

Anak Usia 1 Hingga 19 Tahun Wajib Vaksin Difteri

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber