Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Terinspirasi dengan derita ibu hamil yang mengalami moorning sickness atau mual muntah di pagi hari, sejumlah mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya membuat kue berbahan kurma untuk mengatasi moorning sickness. Foto Yus
Manis, Kue Kurma Untuk Moorning Sickness
Kamis, 08-02-2018 | 14:27 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Berita Video : Manis, Kue Kurma Untuk Moorning Sickness
Surabaya pojokpitu.com, Morning sickness atau mual muntah di pagi hari, memang wajar bagi ibu hamil. Meskipun lumrah, namun moorning sickness ini pun kerap dikeluhkan. Melihat kondisi ini, sejumlah mahasiswa dari Program Studi Kebidanan Universitas Nahdlatul Ulama langsung berinovasi.

Inovasi yang dibuat Nurul Afifatul Azizah, dan timnya diantaranya Wahyu Erisa Fitri, Tika Pratama Putri yang berasal dari program studi Kebidanan dan Khoirun Nabila, prodi keperawatan, membuat kue kering berbahan kurma.
 
Setelah melakukan pengamatan dan penelitian, para mahasiswa ini memilih kurma sebagai bahan pencegah moorning sickness untuk ibu hamil muda. Perlu diketahui, terdapat 15 kandungan mineral dalam kurma yang bermanfaat untuk pencernaan.
 
Menurut Nurul Afifahtul Azizah, Ketua Tim Mahasiswa, kandungan mineral tersebut diantaranya kalium, magnesium, boron, kalsium, kobalt, tembaga, fluorin, zat besi, mangan, fosfor, sodium, selenium, dan seng. Kandungan mineral ini mengatasi sembelit, gangguan penceranaan, dan menambah energi.
 
"Agar lebih bervariasi untuk dikonsumsi, kami membuat cemilan sehat berupa kue kering berbahan kurma sebagai pereda mual muntah di pagi hari," kata Nurul Afifahtul Azizah.

Gagasan itu pun disambut baik kementerian riset tekhnologi dan pendidikan tinggi, kemeristek dengan memberikan dana hibah untuk program kompetisi bisnis mahasiswa Indonesia tahun 2017.
 
Dengan dana hibah itu, tim mahasiswa ini pun mengembangkan kue kering kurma ini untuk diproduksi lebih banyak. Produk kue kering inipun diberi nama Bik Nunnah Mringis atau Biskuit Nutrisi Sunnah Atasi Morning Sickness. (pul)

Berita Terkait


Kasus Susu Kental Manis Tunggu Hasi Uji Lab

Susu Kental Manis, Aman Jika Dikonsumsi Dengan Makanan Kaya Protein

Manis, Kue Kurma Untuk Moorning Sickness

DKR Ingatkan Bahaya Susu Kental Manis Bagi Anak


Kasus Susu Kental Manis Tunggu Hasi Uji Lab

Susu Kental Manis, Aman Jika Dikonsumsi Dengan Makanan Kaya Protein

Lawan Rusia, Kroasia Pengin Ulangi Kisah Manis 1998

Timnas Indonesia U-19 vs Laos: Kenangan Manis di Sidoarjo
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber