Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Polres Malang Peragakan Simulasi Gangguan Pilgub Jatim
Rabu, 07-02-2018 | 22:10 wib
Oleh : Khaerul Anwar
Malang pojokpitu.com, Polres yang tersebar di Jawa Timur sudah melaksanakan simulasi pengamanan jalannya pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur. Salah satunya yang dilakukan di Polres Malang.

Berbeda dengan polres di kota lainnya, kali ini polres Malang melakukan simulasi dengan mengambil situasi terburuk yang terjadi, simulasi ini dipimpin langsung Kabagops Polres Malang, Kompol Sunardi Riyono.

Simulasi diawali dengan aksi massa pendukung salah satu paslon yang berkampanye dengan sikap anarkis. Ini membuat dirinya diturunkan dari podium kepada anggota panwas.

Para pendukung sempat bersitegang dengan polisi yang berjaga, kemudian mengancam kepada pelaksana Pilgub agar bersikap netral dan menghitung surat suara dengan benar.

Tahapan pelaksanaan dengan pendistribusian kotak suara oleh 2 linmas dan seorang anggota kepolisian, juga sempat mengalami kendala dengan ban bocor, yang kemudian dibantu kendaraan Polsek sekitar, hingga diturunkan di desa yang dituju.

Sementara itu, saat pelaksanaan pencoblosan di TPS juga sempat diwarnai aksi pemilih yang sudah mencoblos, akan tetapi mencoblos kembali. Namun aksinya dapat digagalkan panitia pemungutan dan diamankan linmas dan anggota polisi yang berjaga.

Tidak hanya itu, pemilih yang datang ke TPS dengan kondisi mabuk usai meneggak miras, juga diamankan di polsek setempat, meskipun dirinya memiliki surat undangan untuk mencoblos dikhawatirkan membuat onar.

Antisipasi pemilih yang datang setelah pukul 1 siang, saat TPS sudah dinyatakan tutup dan mulai penghitungan suara juga diberikan peragaan cara pengamanannya di Polres Malang.

Puncak ketegangan dalam simulasi sendiri, terjadi saat massa salah satu calon yang tidak terima dengan hasil penghitungan mendatangi KPU, harus beradu fisik dengan anggota Sabhara Polres Malang yang bertugas. Akibatnya, polisi harus mendatangkan pasukan dalmas lengkap dengan tameng dan tongkat hingga kendaraan water canon guna membubarkan massa.

Menurut kompol Sunardi Riyono, Kabagops Polres Malang mengatakan, tugas bhabinkamtibmas di desa-desa bisa menggandeng tokoh masyarakat maupun agama, untuk bisa mengendalikan masyarakat pemilih untuk bisa membuat suasana aman dalam pilgub nanti.

Pengamanan Pilgub Jatim diperagakan sesuai dengan latpraops yang sudah digelar selama 2 hari, dihadiri seluruh anggota polsek jajaran. Polres Malang ingin menunjukkan totalitas dalam pengamanan pilgub nanti.(end)

Berita Terkait


Anak PAUD di Ponorogo Belajar Antisipasi Bencana

Ratusan Siswa SMP di Kediri Mengikuti Pelatihan Menghadapi Bencana Alam

Antisipasi Bencana Gempa, Polres Situbondo Gelar Simulasi di Terminal

Sigap Tanggap Bencana, Siswa TK di Surabaya Ikuti Simulasi Gempa


Sidoarjo Rawan Konflik, Polresta Gelar Simulasi Pengaman Pilkada

Simulasi Pengamanan Pilkada Blitar Ricuh

Polres Malang Peragakan Simulasi Gangguan Pilgub Jatim

Server Lemot dan Offline Kembali Warnai Simulasi UNBK SMA di Bangkalan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber