Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Musim Paceklik, Harga Ikan Naik 5 Kali Lipat
Rabu, 07-02-2018 | 15:51 wib
Oleh : Khaerul Anwar
Malang pojokpitu.com, Memasuki musim paceklik ikan, harga sejumlah ikan laut di tempat pelelangan ikan Sendang Biru naik hingga 5 kali lipat dari harga normal. Hal ini diakibatkan hasil tangkapan ikan nelayan menurun drastis. Bahkan sejumlah nelayan enggan melaut karena takut merugi yang disebabkan gelombang masih tinggi.

Ini diungkapkan nelayan Sutris. Angin kencang dan gelombang tinggi juga membuat sebagian nelayan hanya mencari ikan di tepi laut. Ikan tangkapan nelayan pun hanya beberapa jenis saja. Pada musim paceklik seperti saat ini, hanya ikan layang, ikan cakalan dan ikan tuna yang didapat nelayan.

Lebih lanjut, Sutris juga menjelaskan, kenaikan harga ikan laut sendiri sudah berlangsung sejak awal bulan Januari lalu. Harga ikan laut di tempat pelelangan ikan Sendang Biru, jenis tuna berkisar Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu per kilogram, padahal jika harga normal hanya berkisar Rp 15 ribu hingga Rp 17 ribu per kilogram.

Begitu pula ikan layang yang harganya melambung pada musim paceklik ini yang mencapai Rp 14 ribu per kilogram, padahal memasuki musim ikan harganya hanya Rp 3 ribu per kilogram.

Ikan tuna yang selama ini menjadi komoditas unggulan di pantai selatan Kabupaten Malang, saat ini sangat sulit dijumpai. Hal ini dipicu oleh angin barat yang mulai melanda sejak awal tahun 2018.

Sementara itu, pendapatan terbesar nelayan Sendang Biru memang banyak diperoleh dari tuna, karena harga jual yang tinggi dan banyak dicari. Sedangkan ikan jenis lain banyak dicari diluar musim tangkap tuna.

"Pada musim tangkap tuna, hasil ikan tangkap nelayan mencapai 100 ton per hari. Namun, pada musim paceklik seperti saat ini ikan tangkap nelayan hanya kisaran tak lebih dari 10 ton per hari," jelas Sutrisno.

Para nelayan di Pantai Sendang Biru sendiri hanya bisa menunggu hingga cuaca kembali membaik agar mereka bisa kembali mendapatkan hasil tangkapan yang melimpah setiap berlayar.

Hingga saat ini belum diketahui hingga kapan cuaca yang menyebabkan angin kencang dan gelombang tinggi akan berakhir. Saat ini para nelayan hanya bisa mencari ikan di pinggiran dan memperbaiki perahu mereka.(end)


Berita Terkait


Pasokan Ikan Tawar Melonjak, Harga Turun

Jelang Bulan Puasa, Harga Ikan dan Daging di Pasaran Naik

Harga Ikan Laut Mahal Akibat Dampak Cuaca Buruk

Musim Paceklik, Harga Ikan Naik 5 Kali Lipat


Cuaca Laut Memburuk, Harga Ikan Pindang Melambung

Akibat Cuaca Buruk, Nelayan Merugi dan Harga Ikan Laut Naik Drastis

Nelayan Tak Melaut, Harga Ikan Naik 50 Persen

Stok Ikan Laut Langka, Harga Ikan Makin Mahal
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('5223271','2018-05-21','19:35:54','59070','Musim Paceklik, Harga Ikan Naik 5 Kali Lipat','54.198.119.26','1','desktop')