Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Nelayan Enggan Melaut, Harga Ikan Jadi Naik
Jum'at, 02-02-2018 | 21:42 wib
Oleh : Agus Bondan, Muhammad Imron Danu.
Tulungaggung pojokpitu.com, Cuaca buruk terus melanda perairan selatan pulau Jawa membuat ratusan nelayan di pantai Sine Tulungagung, tidak berani melaut untuk mencari ikan. Jika nekat melaut hasil yang didapatpun turun drastis, bahkan tak jarang pulang tanpa hasil.

Minimnya tangkapan ikan berpengaruh langsung terhadap harga ikan melambung naik, dibandingkan jika cuaca di laut tengah normal. Sejak 1 Bulan terakhir ini, ratusan nelayan di pantai Sine, Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Tulungagung tidak berani melaut.

Kondisi ini disebabkan terjadi cuaca buruk, bahkan gelombang ditengah laut mencapai ketinggian lebih dari 2 meter dan diperparah dengan hembusan angin kencang, serta arus bawah laut yang kencang.
 
Meski terdapat nelayan yang nekat pergi melaut, mereka hanya berani sejauh kurang dari 10 mil, sehingga tangkapan ikan yang di dapat juga turun drastis. Saat cuaca di laut normal, ikan yang di dapat antara 2 kuintal hingga 1 ton.

Namun saat ini, hanya mampu mendapatkan rata-rata 20 kilogram  itupun yang di dapat hanya ikan teri. Bahkan, tak jarang mereka pulang tanpa mendapat hasil, sehingga tidak sesuai dengan biaya yang dikeluarkan.
 
Salah satu tengkulak ikan, Untung, mengatakan, Minimnya hasil tangkapan ikan yang di dapat nelayan, sebabkan harga ikan di tingkat tengkulak juga naik drastis. Saat ini harga ikan tongkol mencapai Rp 25 ribu per kilogram, namun jika cuaca normal  hanya seharga Rp 5 ribu per kilogram.

"Sedangkan ikan teri, kini seharga Rp 20 ribu sebelumnya hanya Rp 5 ribu, ikan bawal Rp 80 ribu sebelumnya Rp 50 ribu , dan ikan cumi-cumi Rp 30 ribu sebelumnya Rp 20 ribu per kilogram," Jelas Untung.
 
Saat ini, para nelayan di pantai Sine hanya bisa berharap cuaca buruk yang melanda diperairan selatan pulau jawa segera kembali normal, sehingga mereka dapat beraktivitas di laut kembali normal dengan tangkapan ikan yang melimpah. (pul)




Berita Terkait


Nelayan Lumajang Gelar Ritual Petik Laut Selatan

Nelayan Pendatang di Gununganyar Tambak Hambat Potensi Pariwisata

Jenazah Nelayan Akhirnya Ditemukan Mengapung Setelah 7 Hari Tenggelam

Pencarian 2 Nelayan Hilang di Tuban Dihentikan


Pencarian 2 Nelayan Hilang di Tuban Dihentikan

Seorang Nelayan Pantai Tawang Pacitan Hilang Terhempas Ombak

Ombak Masih Cukup Tinggi, Nelayan Cari Ikan di Pinggir

Nelayan Jarang Melaut, Harga Ikan Segar Mahal
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber