Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Eddy Rumpoko Menjalani Sidang Perdana Kasus Dugaan Korupsi
Jum'at, 02-02-2018 | 16:18 wib
Oleh : Usrox Indra
Sidoarjo pojokpitu.com, Mantan wali kota Batu, Eddy Rumpoko menjalani sidang perdana dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan di Pemkot Batu. Eddy tidak banyak memberikan komentar saat menjalani sidang dengan agenda pembacaan dakwaan di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya di Juanda Sidoarjo Jumat (2/2) siang.

Sidang ini dipimpin oleh majelis hakim Unggul Warso, dalam sidang dakwaan, Eddy didakwa pasal berlapis oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Eddy Rumpoko sendiri didakwa pasal berlapis karena  menyalahgunakan wewenang dan melakukan tindak pidana korupsi, karena menerima komisi 10 persen atau Rp 500 juta dari proyek yang dianggarkan kota batu pada 2017 dalam kasus suap proyek mebeler senilai Rp 5,26 miliar yang dimenangi PT dailbana prima.
 
Dalam surat dakwaannya, Eddy didakwa dengan pasal berlapis yaitu pasal 12 huruf A atau pasal 11 undang-undang tindak pidana korupsi juncto pasal 55 ayat 1 ke 1 juncto pasal 64 ayat 1 KUHP.

Eddy Rumpoko, ditangkap dalam operasi tangkap tangan oleh KPK dan menyita uang tunai sebesar Rp 200 juta yang diberikan kepada Eddy, sedangkan Rp 300 juta sebelumnya telah diberikan untuk keperluan pelunasan mobil toyota alphard milik Eddy.

KPK juga menyita uang tunai Rp 100 juta yang diberikan tersangka pengusaha filipus djap, kepada kepala bagian layanan dan pengadaan pemkot Batu, Edi Setyawan sebagai panitia pengadaan.

semetra itu menurut Agus Budi Warsono, keputusan langsung masuk dalam materi pembuktian usai terdakwa karena Eddy Rumpoko menilai nota keberatan merupakan bagian dalam materi pembuktian.

Ketua majelis hakim, Unggul Warso, menunda sidang dan akan meneruskannya pada jumat pekan depan dengan agenda pemeriksaan saksi.(PUL)

Berita Terkait


Eddy Rumpoko Menjalani Sidang Perdana Kasus Dugaan Korupsi

Pemberi Suap Walikota Batu, Eddy Rumpoko Divonis 2 Tahun Penjara

KPK Telah Limpahkan Berkas Eddy Rumpoko ke Pengadilan Tipikor

Praperadilan Eddy Rumpoko Ditolak Pengadilan Jakarta Selatan


Yusril Gugat Praperadilan Soal Penetapan Tersangka Eddy Rumpoko

Edi Setiawan, Tersangka Korupsi Batu, Dukung Praperadilan Eddy Rumpoko

Soal Gugatan Pra Peradilan Eddy Rumpoko, Ini Tanggapan KPK

Eddy Rumpoko Diperiksa Soal Pembelian Mobil Alpard Hitam
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber