Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Ratusan Seniman Ikuti Pagelaran Sumenep Mengukir
Kamis, 01-02-2018 | 20:02 wib
Oleh : syaiful anwar dan muhammad arif
Sumenep pojokpitu.com, Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, dikenal dengan sentra perajin seni ukir khas Madura. Mereka menggelar kegiatan seni mengukir yang dilakukan secara massal dengan melibatkan ratusan seniman.

Sebanyak 600 seniman ukir tampak antusias mengikuti pagelaran sumenep mengukir yang baru pertama kali dilakukan ini. Kegiatan dalam rangka Visit Sumenep 2018. Satu persatu dari ratusan seniman begitu serius mengukir sebuah kayu untuk menghasilkan karya terbaikknya. Hasilnya berupa kursi, meja, ranjang, lemari, maupun hiasan dinding.
 
Para peserta pagelaran seni ukir massal ini, di dominasi para kaum muda, yang memang sejak kecil sudah diajarkan tentang kesenian mengukir. Para peserta mengaku, seni ukir tidak mudah dilakukan. Sebab seni mengukir membutuhkan keahlian dan ketelatenan untuk bisa menghasilkan karya yang bagus dan layak bernilai ekonomi.

Abuya Busyro Karim Bupati Sumenep berharap, seni ukir yang sudah tercatat dalam sejarah, dan menjadi budaya masyarakat Desa Karduluk dapat menarik perhatian para wisatawan. Sehinga bisa meningkatkan ekomoni masyarakat. "Karya ukiran masyarakat Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep ini, sudah terjual disejumlah daerah di Indonesia maupun di luar negeri," kata Abuya Busyro Karim. (pul)

Berita Terkait


Ratusan Seniman Ikuti Pagelaran Sumenep Mengukir

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua