Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Diterjang Ombak Tinggi, Kapal Tenggelam, 3 ABK Hilang
Selasa, 30-01-2018 | 17:26 wib
Oleh : Edwin Jaka
Surabaya pojokpitu.com, Insiden kapal tenggelam akibat cuaca buruk kembali terjadi. Kali ini sebuah Kapal Motor Pinang Jaya milik PT Berlian Transindo Kencana, tenggelam setelah dihantam ombak setinggi 1 sampai 3 meter di perairan Laut Jawa, Sabtu malam. Penyelamatan ABK yang sempat terombang ambing di lautan terjadi selama 16 jam lamanya.

Dari total 18 ABK, 12 di antaranya berhasil diselamatkan dan dibawa ke Syahbandar Tanjung Perak Surabaya, 3 ABK diselamatkan Kapal Motor Mutiara dan dibawa ke Indramayu Jawa Barat, sementara 3 ABK lainnya hingga kini belum ditemukan.

Setelah dilakukan proses evakuasi, sekitar 12 ABK tersebut baru tiba di Syahbandar Tanjung Perak Surabaya pada Selasa pagi tadi. Selain dimintai keterangan oleh petugas syahbandar, 12 ABK tersebut juga sempat mendapat perawatan medis dari rumah sakit terdekat.

Mahmud Aidi, salah satu anak buah kapal mengatakan, Kapal Motor Pinang Jaya milik PT Berlian Transindo Kencana, membawa muatan 1250 ton semen, berangkat dari Jakarta menuju Samarinda. "Namun saat di tengah perjalanan melintasi Laut Jawa, badan kapal dihantam ombak setinggi 1 sampai 3 meter, sehingga membuat kapal miring dan terbalik," tutur Mahmud Aidi.

Seluruh anak buah kapal langsung melompat ke laut, sebelum kapal tenggelam. Dari total 18 ABK, 12 di antaranya berhasil diselamatkan dan dibawa ke Syahbandar Tanjung Perak Surabaya. Sebanyak 3 ABK diselamatkan kapal motor mutiara dan dibawa ke Indramayu Jawa Barat, sementara 3 ABK lainnya hingga kini belum ditemukan.

Amirudin, Kepala Syahbandar Tanjung Perak Surabaya menegaskan, pihaknya baru menerima kabar bahwa akan ada evakuasi 12 ABK yang kapalnya tenggelam di perairan Laut Jawa pada Selasa pagi tadi. Sementara kemungkinan yang menjadi penyebab tenggelamnya Kapal Motor Pinang Jaya dikarenakan ombak setinggi 1 sampai 3 meter yang saat ini melanda Laut Jawa.

Selanjutnya, pihak Syahbandar Tanjung Perak Surabaya akan berkordinasi dengan Basarnas untuk mencari keberadaan 3 ABK Kapal Motor Pinang Jaya yang hingga saat ini belum diketemukan. Sementara 12 ABK diselamatkan Kapal Motor Serasi 2, saat ini ditampung di kantor Syahbandar Surabaya sampai dijemput oleh pihak agen.(end)

Berita Terkait


Pencarian Korban Kapal Tenggelam Resmi Dihentikan

1 Jenazah Korban Kapal Tenggelam Kemabali Ditemukan Dalam Kondisi Hancur

Pencarian Korban Kapal Tenggelam Terus Dilakukan

Isak Tangis Keluarga Saat Sambut Jenasah Korban Kapal Tenggelam


Isak Tangis Keluarga Saat Sambut Jenasah Korban Kapal Tenggelam

Korban Kapal Tenggelam Disambut Isak Tangis Saat Tiba Di Pelabuhan Probolinggo

Tiga Korban Kapal Tenggelam Ditemukan di Perairan Madura

Korban Tewas Kapal Tenggelam Dimakamkan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber