Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Ditangan Fendi, Kain Goni Berubah Menjadi Pot Bunga
Sabtu, 27-01-2018 | 23:34 wib
Oleh : Agus Bondan.
Berita Video : Ditangan Fendi, Kain Goni Berubah Menjadi Pot Bunga
Tulungagung pojokpitu.com, Berawal dari coba-coba, seorang pemuda di Tulungagaung mengubah handuk dan karung goni bekas menjadi sebuah pot bunga indah dengan nilai ekonomi tinggi. Hasil karyanya ternyata cukup diminatai oleh warga, sehingga banyak yang memesan hasil kreatifiasnya ini.

Pemuda kreatif itu bernama Agus Efendi atau lebih di kenal dengan nama Pendik, warga Desa Rejosari Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung ini, tampak serius menekuni profesi barunya sebagai pengrajin pot bunga .

Awal pengerjaannya, Pendik memilih milih dulu kain handuk atau kain goni bekas yang hendak dibuat pot bunga. Setelah itu dirinya membuat adonan semen dengan air  yang diaduk hingga rata, baru handuk bekas ini di masukkan ke adonan tadi untuk dicampur dan diaduk kembali hingga rata agar campuran semen dan air meresap ke seluruh bagian handuk bekas .

Setelah rata tercampur , haduk bekas diangkat kemudian ditaruh di atas tempat yang telah di sediakan sebelumnya . Pelan-pelan Pendik kemudian membuat motif pot bunga sesui dengan keinginannya. Setelah motif pot bunga jadi, kemudian didiamkan sejenak hingga semen kering.

Baru setelah kering pot bunga mulai diberikan warna. Mulai warna dasar putih, kemudian di beri warna dengan cat sesuai dengan warna yang dianggap menarik  dengan berbagai kombinasi warna .

Pendik mengaku, proses pengerjaanya cukup memerlukan ketelatenan karena selain harus membuat motif yang sesuai dengan bahan handuk dan kain goni yang ada  juga harus di lakukan dengan cepat. apabila terlalu lama campuran semen yang ada di handuk akan mengering dan sulit untuk di bentuk sesuai motif yang di inginkan.
 
"Saat ini masih membuat pot bunga saja, karena permintaanya masih banyak, namun bila ada konsumen yang meminta jenis lain saya juga siap melayani." Terang Agus Efendi

Saat ini permintaan pot bunga dari handuk bekas ini datang dari sekitar rumah dan tetangga desanya. Dengan di bantu salah satu saudaranya pendik biasanya mampu membuat 3 hingga 4 pot bunga dalam sehari. Pot bunga hasil kreatifitasnya ini  dijual beragam, mulai harga puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah, harga biasanya menyesuaikan besar kecil pot bunga dan kesulitan proses pengerjaannya .

Menurutnya, kemampuan membuat pot bunga dari handuk bekas baru di tekuninya sebulan terakhir ini, dia kuasai secara otodidak , karena melihat banyak handuk dan kain goni bekas di sekitar rumahnya yang tidak di pakai dan kebanyakan di buang begitu saja. (pul)

Berita Terkait


Sulap Limbah Kayu Jati Jadi Miniatur Truk

Ditangan Fendi, Kain Goni Berubah Menjadi Pot Bunga

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber