Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Kondisi banjir pacitan 2017. Foto Agung
APBD 2018, Anggaran Bantuan Kebencanan Sebesar Rp 600 Juta
Sabtu, 27-01-2018 | 09:04 wib
Oleh : Sujarismanto, Agung Prawoto.
Pacitan pojokpitu.com, Pagu anggaran kebencanaan di kabupaten Pacitan tahun 2018 naik signifikan. Nilainya mencapai angka Rp 600 juta atau naik 50 persen dari alokasi tahun sebelumnya. Kenaikan dana bencana ini tak lain karena potensi bencana alam di Kabupaten Pacitan cukup besar.

Anggaran tersebut nantinya bakal di pergunakan untuk memberikan bantuan stimulan terhadap korban bencana di Kabupaten Pacitan selama tahun 2018, pada tahun lalu anggaran kebencanaan dari ABPD Pacitan hanya sejumlah Rp 300 juta. Itupun sangat tidak mencukupi untuk penanganan bencana pada tahun 2017 lalu. Sebab dana tersebut habis sebelum akhir tahun 2017.

Sugijono, Kasi Rehabilitasi dan rekrnstruksi BPBD Pacitan, mengungkapkan, dana kebencaanan tahun 2018 hingga kini masih dalam proses pencairan. Tidak semua korban bencana mendapatakan dana bantuan kebencaanan.Pemerintah menentukan kualifikasi kerusakan bangunan rumah, dari level sangat ringan hingga berat.

"Untuk kerusakan sangat  ringan, korban bencana mendapatkan bantuan sebesar Rp 1 juta, rusak ringan sebesar Rp 2 juta, rusak sedang Rp 3 juta, sementara rusak berat mendapatkan dana stimulan sebesar Rp 5 juta." Jelas Sugiono
 
Untuk penerimaan dana bantuan di atas Rp 2 juta, penerimaan bantuan harus melalui transfer reknening, kebijakan ini di harapkan tidak membebani masyarakat terdampak bencana.

Sementara itu, pada awal tahun 2018 ini saja bencana tanah longsor sedikitnya sudah merusak 5 rumah yang tersebar di 3 kecamatan di Pacitan, yakni Nawangan, Sudimoro dan Tegalombo. Rata-rata kerusakan rumah di kategorikan rusak sedang hingga berat. (pul)

Berita Terkait


Masih Minim, DPRD Pacitan Usulkan Tambah Dana Bencana

APBD 2018, Anggaran Bantuan Kebencanan Sebesar Rp 600 Juta

Butuh 3 Tahun Pemulihan Infrastruktur Akibat Bencana Pacitan

Pesilat Madiun Galang Dana untuk Bencana Pacitan


Pelajar Galang Dana untuk Korban Bencana Pacitan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber