Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Manfaatkan Jam Kerja Dampingi Bacawagub, Bawaslu Akan Panggil Risma
Jum'at, 26-01-2018 | 12:52 wib
Oleh : Dewi Imroatin
Surabaya pojokpitu.com, Safari politik Walikota Surabaya, Tri Rismaharini dan Wakil Walikota Surabaya Wisnu Sakti Buana bersama Bakal Cawagub Jatim, Puti Guntur Soekarno, memantik reaksi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur.

Komisioner Bawaslu Jatim, Aang Kunaifi menegaskan, pihaknya meminta Panwaslu Surabaya untuk memanggil Risma dan Wisnu. Pemanggilan itu untuk mendengarkan klarifikasi dari kepala daerah tersebut, terkait safarinya bersama Puti.

"Bawaslu Kirim surat ke Panwaslu Surabaya agar memanggil Risma dan Wisnu untuk klarifikasi dan mendalami permasalahan tersebut," kata Aang.

Menurut Aang, pemanggilan Risma dan Wisnu ini dilakukan agar tidak menimbulkan polemik di publik. Mengingat keduanya masih aktif menjabat sebagai kepala daerah. Apalagi safarinya dilakukan di jam kerja.

"Dalam aturan Pilkada tahun 2016 sudah sangat jelas, terdapat beberapa hal yang tidak diperbolehkan dilakukan kepala daerah dalam 6 bulan sebelum penetapan Paslon, diantaranya memanfaatkan fasilitas negara, mengunakan program yang menguntungkan dan banyak lagi," ungkapnya.

Aang menambahkan, pihaknya sudah mengintruksikan ke Panwaslu Surabaya untuk menelusuri secara dalam apa yang dilakukan walikota surabaya dan wakil walikota surabaya Tri Rismaharini-Wisnu Sakti Buana yang melakukan kegiatan dengan bacawagub jatim, langkah ini dilakukan sebagai upaya pencegahan, agar pelaksanaan pilgub jatim berjalan sesuai aturan yang ada.

"Panwaslu yang akan bertindak melakukan klarifikasi dan Bawaslu akan mengawal prosesnya berjalan sesuai aturan yang ada," imbuhnya.

Seperti diketahui, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini dan Wakil Walikota Surabaya, Wisnu Sakti buana kompak ikut safari politik bersama bakal calon wakil gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno untuk menemui Uskup Gereja Katolik Keuskupan Surabaya Bapak Mgr. Visensius Sutikno. Padahal saat ini Risma masih aktif menjabat walikota dan dilakukan pada jam kerja. (pul)

Berita Terkait


Bawaslu Kediri Dalami Dugaan Pelanggaran Pemilu

Manfaatkan Jam Kerja Dampingi Bacawagub, Bawaslu Akan Panggil Risma

Bawaslu RI Minta Masyarakat Laporkan Money Politik

Komisioner Bawaslu Bebas, Kejaksaan Akan Kasasi Ke MA


Bawaslu Tertibkan APK Capres di Angkutan Umum

Bawaslu Tulungagung Gandeng Mahasiswa dan Lsm Dalam Pemantauan Pemilu 2019

Bawaslu Magetan Temukan APK Dipasang Sembarangan

Puluhan Driver Ojek Online Unjukrasa Didepan Bawaslu Kabupaten Malang
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber