Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Tekan Kecelakaan, Polres Lamongan Terapkan Speed Gun di Jalur Pantura
Kamis, 25-01-2018 | 09:11 wib
Oleh : Harry Saktiono
Lamongan pojokpitu.com, Satlantas Polres Lamongan mulai menerapkan speed gun atau radar kecepatan kendaraan untuk menekan angka kecelakaan akibat kebut-kebutan. Dari alat speed gun tersebut, dapat diketahui kendaraan melebihi batas kecepatan atau tidak.

Sejak memiliki alat canggih speed gun, petugas tidak perlu lagi kucing-kucingan mengejar pengguna jalan yang kebut-kebutan di jalur nasioanal pantura, terutama di jalur black spot rawan kecelakaan.
 
Pasalnya, speed gun atau radar kecepatan ini sudah dilengkapi kamera canggih. Petugas cukup membidik kendaraan dan kemudian menekan tombol mata speed gun. Hasilnya, dapat diketahui kecepatan kendaraan per jam.
 
Menariknya, begitu petugas usai menembak kendaraan yang kebut-kebutan. Hasilnya, langsung menyebar ke ponsel android milik petugas yang sedang melakukan razia kendaraan.
 
Dari jarak 120 meter, petugas lain sudah siap memberhentikan dan memberikan surat tilang kendaraan yang sebelumya terpantau di radar kecepatan.
 
Ansori, pengemudi mobil asal Tuban, mengaku kaget tiba-tiba diberhentikan dan ditilang polisi, Ansori tidak menyadari bahwa laju kendaraanya telah melebihi batas dan terpantau di radar kecepatan atau speed gun.
  
AKP Anggi Ibrahim Saputra, Kasatlantas Polres Lamongan, mengatakan, penilangan menggunakan speed gun, khusus diterapkan di jalur nasional Pantura rawan kecelakaan. Kendaraan baik roda 2 maupun 4 yang melintas di atas 40 kilometer per jam harus bersiap-siap menerima sanksi tilang. Dalam seminggu, petugas menilang 120 sampai 130 kendaraan.
  
Sebenarnya penggunaan speed gun khusus di jalur Pantura rawan kecelakaan sudah berlangsung sejak dua bulan lalu.
 
Selain Polres Lamongan di Jawa Timur ada tujuh polres lain yang menggunakan alat yang sama, di antaranya Polres Pasuruan, Sidoarjo, Tuban, Mojokerto, Jombang, Tulungagung dan Magetan.(end)

Berita Terkait


Tekan Kecelakaan, Polres Lamongan Terapkan Speed Gun di Jalur Pantura

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('5209193','2018-05-20','23:03:14','58428','Tekan Kecelakaan, Polres Lamongan Terapkan Speed Gun di Jalur Pantura ','54.224.91.58','1','desktop')