Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Mesin Kapal Rusak, 35 Nelayan Terombang Ambing 5 Hari di Laut Selatan
Rabu, 24-01-2018 | 12:45 wib
Oleh : Agus Bondan, Muhammad Imron Danu
Berita Video : Mesin Kapal Rusak, 35 Nelayan Terombang Ambing 5 Hari di Laut Selatan
Tulungagung pojokpitu.com, Kapal nelayan asal Jakarta, KM Astro Asri dengan anak buah kapal sesuai manifes sebanyak 35 orang dengan nahkoda Casnoto, selama 5 hari terakhir terombang-ambing di Samudera Indonesia.

KM Astro Asri mengalami kerusakan mesin. Sinyal tanda bahaya dari KM Astro Asri, pertama kali diterima Bankom Rapi Nasional, pada hari Senin kemarin, dan informasi tersebut diteruskan ke Kantor Basarnas Jakarta.

Asnawi Suroso , Kepala Basarnas Pos SAR Trenggalek mengatakan, kapal penangkap ikan jenis porsin tersebut, bertolak dari Jakarta pada tanggal 4 Januari lalu. Kapal mengalami kerusakan mesin sejak Kamis tanggal 18 Januari.

Saat pertama kali kontak di hari Senin, posisi kapal berada di Perairan Selatan Yogyakarta. Karena arus laut, KM Astro Asri yang didampingi kapal nelayan lain, KM Aquarius, kini melaju perlahan dengan kecepatan 2 knots, atau dua mil laut perjam menuju Teluk Popoh, Tulungagung.

"Personel Basarnas akan melakukan evakuasi, menghampiri kapal yang berada di sekitar 55 kilometer selatan Teluk Popoh tersebut, demi keamanan karena cuaca di tengah laut sedang buruk, hujan serta gelombang setinggi 4 meter, pada Selasa sore terpaksa harus kembali ke darat," kata Asnawi Suroso.
 
Dari komunikasi yang dilakukan melalui radio, diketahui semua anak buah kapal dalam kondisi sehat, logistik dan bahan bakar diperkirakan masih mencukupi.

"Dengan memperhatikan faktor cuaca, personel kami akan melakukan penjemputan ABK Astro Asri ke tengah laut pada Rabu pagi," tambah Asnawi Suroso.

Diperkirakan KM Astro Asri akan tiba di Teluk Popoh pada sore ini. (pul)

Berita Terkait


Mesin Kapal Rusak, 35 Nelayan Terombang Ambing 5 Hari di Laut Selatan

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua