Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Uniknya Pasukan Perang Bregada Ala Jatim
Senin, 22-01-2018 | 14:59 wib
Oleh : Budi Prakoso
Berita Video : Uniknya Pasukan Perang Bregada Ala Jatim
Surabaya pojokpitu.com, Pasukan perang Bregodo biasanya sering ditemui di lingkungan keraton Yogyakarta. Namun sebagai bentuk tombo kangen, pasukan perang Bregodo bergaya Jawa Timuran, dijumpai dalam pagelaran memperkenalkan adat budaya baju Bregodo kepada masyarakat Jawa Timur.

Barisan pria bergaya pasukan perang Bregodo tampak gagah menyambut kedatangan para tamu dari Jawa Timur. Busana yang mereka kenakan pun khas ala pasukan kraton berwarna merah dipadu dengan batik mataraman. Bregodo kini menjadi simbol budaya bangsa.

Tidak kalah dengan prajurit perang Bregodo perempuan, mereka pun anggun menggunakan Bregodo namun uniknya dipadukan dengan tutup kepala yang biasa dipakai penari gandrung.

Secara khusus pasukan Bregodo di Surabaya ini ditampilkan menyambut para tamu dalam kegiatan temu kenal masyarakat Jawa Timur dan Yogyakarta dalam memperkenalkan baju adat budaya kompartemen Jawa Timur. Para alumni Yogyakarta, yang tinggal di Jawa Timur memang ingin melestarikan budaya Jogja.

Namun dipadukan dengan budaya Jatim. Kegiatan ini juga semakin menarik, karena hadirnya ekonom nasional sekaligus ketua umum pusat padmanaba Hendri Saparini. pagelaran tarian barisan Bregodo pun ditampilkan unik dalam kegiatan ini.

Sedangkan ketua kompartemen padmanaba Jawa Timur, dr Sakti Hoetama mengatakan. Dengan adanya baju Bregodo dan batik bunga teratai yang sedang mekar inilah, sekaligus memperkenalkan dan mengembangkan budaya jawa ala Yogyakarta ke Jawa Timur.

Kedepan diharapkan temu kenal Padmanaba Jatim ini bukan hanya sekedar berbagi nostalgia semata. Namun juga bisa membawa manfaat bagi masyarakat. diantaranya dengan cara pertukaran budaya juga termasuk melakukan aksi bakti sosial bagi warga yang tidak mampu. (pul)

Berita Terkait


Uniknya Pasukan Perang Bregada Ala Jatim

Isak Tangis Warnai Keberangkatan Pasukan TNI ke Maluku

Wakil Bupati Pimpin Gelar Pasukan Satgas Bencana Alam

Wakil Bupati Blitar Pimpin Apel Pasukan Operasi Lilin 2016


Upacara HUT IARMI Gelar Seribu Orang Pasukan

Ploting Pasukan di 3 Titik Pengamanan 1 Suro di Kota madiun

Isak Tangis Warnai Keberangkatan Pasukan TNI ke Maluku

Luis Milla Siapkan Strategi Khusus Pasukan Garuda Vs Malaysia
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber