Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Boleh Melaut Pakai Jaring Cantrang, Nelayan Probolinggo Gelar Tasyukuran
Minggu, 21-01-2018 | 16:25 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Diperbolehkannya kembali melaut menggunakan jaring cantrang, membuat warga nelayan Mayangan, Kota Probolinggo Jawa Timur menggelar tasyarakuran. Di Kota Probolinggo sendiri, ada sekitar 150 kapal Jonggrang menggunakan jaring cantrang.

Tak hanya bapak - bapak saja menghadiri tasyakuran ini, anak - anak dan ibu - ibu juga antusias mengikuti ceramah yang dibawakan oleh ulama setempat.
 
Maklum, ribuan orang di Mayangan ini menggantungkan pekerjaannya sebagai nelayan, baik sebagai pemilik kapal, tekong maupun sebagai anak buah kapal.
 
Bayangkan saja, di Kota Probollinggo, ada sekitar 150 kapal Jonggrang menggunakan jaring cantrang. Setiap kapal mempekerjakan 10 orang. Total ada sekitar 1.500 orang bekerja sebagai nelayan Jonggrang.
 
Hampir sebulan ini, mereka tidak melaut adanya larangan dari Menteri Kelautan dan Perikanan, yang terjadi banyak harta benda hingga perhiasan terjual untuk memenuhi kebutuhan hidup. Setelah melewati jalan panjang, mulai dari mengirim surat ke Menteri dan Presiden, hingga aksi demo ke Jakarta, akhirnya perjuangan nelayan ini berakhir manis.
 
Menurut Habib Hadi Zainal Abidin, tokoh masyarakat Kota Probolinggo, dia sangat mengapresiasi respon positif pemerintah, meski nantinya ada batasan, baik batas jumlah kapal hingga batasan speck jaring cantrang.
 
Sementara itu, menurut Muhamad Fikri, nelayan Mayangan, sejak tidak melaut, banyak tabungan hingga harta benda terjual. "Selain itu, karena tidak melaut banyak kaum adam terpaksa harus kerja ke luar kota," tutur Muhammad Fikri.
 
Rencananya, pada Senin besok, nelayan Jonggrang akan mulai beraktifitas melaut menangkap ikan. Perlu diketahui, sejak hampir sebulan nelayan tidak melaut, Kota Probolinggo mengalami kelangkaan ikan laut.(end)
 


Berita Terkait


Boleh Melaut Pakai Jaring Cantrang, Nelayan Probolinggo Gelar Tasyukuran

Dilarang , Nelayan Masih Tetap Gunakan Jaring Cantrang

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber