Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Irjen Pol Machfud Arifin Kapolda Jatim memimpin gelar perkara pabrik mercury ilegal. Foto Bagus
Polda Jatim Ungkap Produksi Mercury Cair Senilai Rp 6 Milyar
Jum'at, 19-01-2018 | 19:02 wib
Oleh : Bagus Setiawan
Surabaya pojokpitu.com, Untuk kedua kalinya, Direktorat Reserse Kriminal Khusus ( Ditreskrimsus ) Polda Jatim, berhasil mengungkap aktifitas produksi mercury ilegal. Untuk aktivitasnya ini, tersangka yang merupakan warga Jombang sengaja mendatangkan batu cinabar, yang merupakan bahan baku mercury, dari Pulau Seram, Ambon.

Terkait praktek produksi mercury secara ilegal ini, polisi menahan AS warga Jombang, sebagai pemilik usaha produksi mercury ilegal, yang berlokasi di Kawasan Kediri.

Menurut Irjen Pol Machfud Arifin Kapolda Jatim, untuk melakukan produksinya tersebut, bahan baku mercury, yakni Batu Cinabar, didapat secara ilegal. Didatangkan pelaku dari Pulau Seram, Ambon, dan dikirim melalui jalur laut. Setelah itu di bawa ke Kabupaten Kediri, sebagai tempat produksi.

Dari pengakuan tersangka,rbisnis ilegal ini hasilnya cukup menggiurkan. Modalnya sebesar Rp 2 milyar didapat dari pinjaman bank. Sementara dari 5 ton batu cinabar yang didatangkan, setelah diolah akan menjadi 2 ton mercury dalam bentuk cair. Untuk menjualnya, perliternya dijual pelaku seharga Rp 3 juta. Sehingga untuk produksi tersebut, bisa menghasilkan uang senilai Rp 6 milyar.

Akibat perbuatannya ini, tersanga AS dijerat undang-undang RI nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara, dengan ancaman hukuman paling lama 10 tahun penjara. (pul)

Berita Terkait


Polda Jatim Ungkap Produksi Mercury Cair Senilai Rp 6 Milyar

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber