Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Kades Saptorenggo Terjerat OTT Tim Saber Pungli Polres Malang
Kamis, 18-01-2018 | 22:12 wib
Oleh : Khaerul Anwar
Malang pojokpitu.com, Tim saber pungli Polres Malang, yang terdiri dari Satintelkam dan Satreskrim Polres Malang menjebloskan Kepala Desa Saptorenggo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang ke dalam sel tahanan Polres Malang. Ini setelah terbukti kepala desa tersebut, meminta uang kepengurusan sebagai persyaratan penertiban pembagian hak bersama.

Ketika dilakukan penangkapan Polres Malang berhasil mengamankan uang sebesar Rp 16 juta sebagai barang bukti.

Usai mengamankan Kaur Umum Desa Saptorenggo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Muhammad Zaini, beberapa waktu lalu, karena terbukti meminta uang kepengurusan Persyaratan Penertiban Pembagian Hak Bersama (P3HB).

Pihak kantor desa yang didatangi korban untuk mengurus P3HB tersebut, dimintai uang sebesar Rp 16 juta dalam pengurusan akta tersebut.

Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, mengatakan, setelah didalami oleh Satreskrim Polres Malang dan dilakukan gelar perkara, ternyata uang tersebut akan disetorkan kepada Kepala Desa Saptorenggo Bambang Roni Hermawan, sehingga kades dinyatakan terlibat dalam perkara itu.

Seharusnya, komisi perangkat desa untuk kepengurusan P3HB sendiri sebesar 1 persen dari harga NJOP, harusnya Rp 1.8 juta. Akan tetapi malah meminta uang sebesar Rp 16 juta dalam kepengurusan tersebut.

Tim saber pungli Polres Malang akhirnya membekuk pelaku dalam operasi tangkap tangan yang dilakukan di rumah Kaur Umum Desa Saptorenggo, pada Desember lalu, dan mengamankan Kades Saptorenggo pada pertengahan Januari.

Sementara, sejumlah dokumen kepengurusan surat P3HB dan uang sejumlah Rp 16 juta hasil pungutan liar diamankan sebagai barang bukti di Pengadilan Tipikor nanti.

Atas perbuatannya, pelaku diganjar dengan undang-undang pemberantasan tindak pidana korupsi pasal 12 subsider 11 tahun 1999, dengan ancamannya 4 hingga 20 tahun kurungan penjara.(end)





Berita Terkait


Kades Saptorenggo Terjerat OTT Tim Saber Pungli Polres Malang


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber