Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Paslon Incumbent Jombang Ikuti Tes Kesehatan
Sabtu, 13-01-2018 | 12:37
Oleh : Atiqoh Hasan, Aris Rohmatulloh
Berita Video : Paslon Incumbent Jombang Ikuti Tes Kesehatan
Surabaya pojokpitu.com, Hari kedua tes kesehatan di RSAL Dr. Ramelan diikuti oleh 9 paslon cabup dan cawabup dari Kabupaten Nganjuk, Tulungagung, dan Jombang. Dalam pemeriksaan itu, RSAL Dr. Ramelan menyiapkan 12 ruang khusus pengujian di Gedung Uji Pemeriksaan Kesehatan, Urikkes, beserta peralatan lengkapnya.

Di Gedung Urikkes inilah, 17 paslon cabup-cawabup dari 6 kabupaten, yakni Bangkalan, Pamekasan, Sampang, Nganjuk, Tulungagung, dan Jombang menjalani tes kesehatan sebagai syarat mengikuti rangkaian Pemilukada. Ada 12 items yang diperiksa dalam tes kesehatan, seperti pemeriksaan echocardiografi, ultrasonografi, treadmill, mata, hingga THT.

Salah satu pemeriksaan THT meliputi pemeriksaan fisik telinga, hidung, dan tenggorokan, audiometri, dan endoskopi, yang berfungsi melihat kesehatan organ pendengaran paslon sebagai calon pemimpin.

Pada tes kesehatan kali ini diikuti oleh cabup incumbent, yakni Bupati Jombang Nyono Suharli. Cabup yang berpasangan dengan Zubaidi ini mengaku tidak takut pada hasil yang akan diterima, sebab sudah pernah mengikuti tes kesehatan saat pilkada sebelumnya.

"Tes kesehatan akan dilanjutkan dengan pemantapan pemeriksaan pada esok hari, jika pada dua hari tes kali ini, masih ada pemeriksaan yang kurang memenuhi kriteria KPU Jatim," kata Laksamana Pertama TNI dr. I.D.G Nalendra D.I, Sp.B, Sp.BTKV(K), Karumkital Dr Ramelan.

Sesuai aturan baru KPU, tes kesehatan pada pilkada  kali ini dilakukan setelah paslon mendaftarkan diri untuk mengikuti rangkaian Pilkada. Namun jika tes kesehatan yang bersangkutan dinyatakan kurang memenuhi syarat, partai pengusung bisa mencalonkan penggantinya.

Ini sesuai dengan peraturan KPU nomor 3/2017 tentang pencalonan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati tahun 2018.  Hal ini berbeda dengan aturan sebelumnya, yang mensyaratkan paslon harus lulus tes kesehatan baru bisa mencalonkan diri.(end)

Berita Terkait


Bacalon Bupati - Wakil Bupati Bondowoso Lulus Tes Kesehatan

Paslon Incumbent Jombang Ikuti Tes Kesehatan

Dua Bacagub Jatim Jalani Tes Kesehatan

Bangkalan Belum Punya RSUD Type A, Tes Kesehatan di Surabaya


Dua Bacagub Jatim Jalani Tes Kesehatan

KPU Madiun Tunjuk RS Dr Soetomo Jadi Lokasi Tes Kesehatan

Thoriqul Haq Persiapkan Fisik Menghadapi Tes Kesehatan

Dua Belas Pasangan Calon Melakukan Tes Kesehatan di RSSA
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber