Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Akibat bencana alam di pacitan, kerusakan infrastruktur jalan dan jembatan menimbulkan kerugian senilai Rp 233 milyar. Foto Edwin
Butuh 3 Tahun Pemulihan Infrastruktur Akibat Bencana Pacitan
Sabtu, 13-01-2018 | 07:20 wib
Oleh : Sujarismanto,Edwin Aji
Pacitan pojokpitu.com, Bencana alam tanah longsor dan banjir di Kabupaten Pacitan tahun 2017 menimbulkan kerusakan infrastruktur yang cukup parah. Pemulihan sarana prasarana penunjang akses ekonomi, pendidikan, kesehatan diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 3 tahun.

Menurut Indartato, Bupati Pacitan, bencana dahsyat 28 November 2017 itu menimbulkan kerusakan dan kerugian mencapai angka Rp 1 triliyun lebih. Kerugian terbesar terjadi pada perumahan warga yang ditaksir mencapai angka Rp 491 milyar, dengan rincian 6.603 rumah rusak.

Kerusakan infrastruktur jalan dan jembatan menimbulkan kerugian senilai Rp 233 milyar. Kerugian sebesar itu merujuk pada kerusakan 21 jembatan, 4 unit jalan nasional, 16 unit jalan provinsi, 55 unit jalan kabupaten, dan 55 unit jalan kabupaten. Jumlah kerugian infrastruktur ini belum termasuk kerusakan jaringan listrik, irigasi saluran pertanian, jaringan air pdam dan lainya yang berada dikisaran Rp 66 milyar.

"Pemulihan infrastruktur pasca bencana banjir dan longsor membutuhkan waktu tak singkat. Ketersediaan anggaran yang dimiliki APBD Kabupaten Pacitan sangat terbatas, sehingga pemerintah mencari alternatif lain dengan meminta dukungan kepada Pemerintah Provinsi Jatim," kata Indartato.

Pemulihan infrastruktur sepantasanya mendapat perhatian lebih dari pemerintah. Keberadaan sarana prasarana dibutuhkan untuk mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat. (pul)

Berita Terkait


Masih Minim, DPRD Pacitan Usulkan Tambah Dana Bencana

APBD 2018, Anggaran Bantuan Kebencanan Sebesar Rp 600 Juta

Butuh 3 Tahun Pemulihan Infrastruktur Akibat Bencana Pacitan

Pesilat Madiun Galang Dana untuk Bencana Pacitan


Pelajar Galang Dana untuk Korban Bencana Pacitan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber