Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Kekerasan Anak dan KDRT Meningkat di Kabupaten Blitar
Rabu, 10-01-2018 | 19:03 wib
Oleh : Moch.Asrofi
Blitar pojokpitu.com, Ini kabar buruk bagi wanita dan anak-anak yang tinggal di Kabupaten Blitar. Kasus kekerasan terhadap wanita dan anak-anak ternyata terus meningkat di kabupaten itu. Padahal berbagai produk hukum telah dibuat untuk memberikan perlindungan terhadap wanita dan anak-anak.

Berdasarkan data Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( PPKBP3A) Kabupaten Blitar, sepanjang 2017 terdapat 85 kasus terkait dengan perempuan. Yaitu pelecehan seksual 23 kasus, pencabulan empat kasus, KDRT 20 kasus, trafficking dua kasus, kekerasan terhadap anak 17 kasus, dan anak berhadapan hukum (ABH) 19 kasus.

Angka tersebut meningkat dibanding 2016 sebanyak 83 kasus. Peningkatan cukup besar terjadi pada kasus KDRT sebanyak 20 kasus dari sebelumnya 11 kasus. Juga kekerasan terhadap anak meningkat menjadi 17 kasus dari sebelumnya 11 kasus.

Sri Suhartini, Kabid PPKBP3A Kabupaten Blitar, Rabu (10/1) mengatakan kasus kekerasan terhadap anak dan KDRT terjadi karena berbagai faktor. Di antaranya, karena rendahnya sosial ekonomi, pendidikan, kurangnya waktu orangtua dengan anak karena kesibukan orang tua, serta terpisahnya pasangan suami istri dalam mencari nafkah (menjadi TKI).

Meningkat kasus tersebut, terang dia, juga karena sosialisasi UU Perlindungan Perempuan dan Anak melalui berbagai media. Sehingga para korban berani melapor.  "Kami akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar berbagai kasus kekerasan bisa diminimalisir," tuturnya.

Saat ini, Dinas PPKBP3A Kabupaten Blitar sedang gencar melakukan pembinaan kepada masyarakat dengan merangkul berbagai pihak. Seperti instansi terkait serta lembaga keagamaan. (end)



Berita Terkait


Kekerasan Anak dan KDRT Meningkat di Kabupaten Blitar

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber