Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak
Berkas Sempat Kurang Lengkap, Pendaftaran Khofifah-Emil Akhirnya Sah
Rabu, 10-01-2018 | 18:46 wib
Oleh : Dewi Imroatin
pojokpitu.com, Pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak resmi mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Rabu pagi. Sempat diwarnai ketidakhadiran salah satu pimpinan partai politik pendukung, seluruh berkas pendaftaran bacagub dan bacawagub itu akhirnya dinyatakan sah.

Khofifah dan Emil mendaftar ke KPU Jatim dengan diantarkan pimpinan partai politik pengusung. Di antaranya Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Soekarwo, Ketua DPW PAN Jatim Masfuk, dan Ketua DPW PPP Jatim Musyaffa Noer. Pendaftaran sempat diwarnai interupsi Ketua Bawaslu Jatim karena ketidakhadiran Ketua DPW Nasdem Jatim Rendra Kresna.

Rendra Kresna semula menyampaikan akan hadir. Namun secara mendadak tidak bisa hadir karena harus ke Jakarta terkait urusan kedinasan sebagai Bupati Malang. Namun ketidakhadiran Rendra tanpa disertai surat tugas dari Pemkab, sehingga Bawaslu mempermasalahkan karena menjadi syarat mutlak Ketua Partai Pengusung Tingkat provinsi harus ikut serta. Walaupun sempat alot, Tim Pemenangan Khofifah-Emil dan Partai Nasdem langsung bergerak cepat. Mereka segera meminta kiriman surat tugas elektronik Rendra dari Pemkab Malang. Sehingga proses pendaftaran pasangan calon Pilgub Jatim tuntas dan dinyatakan sah.

Aang Khunaifi, anggota Bawaslu Jatim menuturkan, sesuai aturan yang baru, kehadiran ketua parpol tingkat Jatim  menjadi syarat mutlak pendaftaran. Jika tidak bisa harus disertai surat keterangan sah ketidakhadiran dari instansi terkait. 

Ketua KPU Jatim Eko Sasmito menjelaskan bahwa semua berkas pendaftaran Khofifah-Emil sudah melewati tahapan pemeriksaan berkas agar sesuai persyaratan yang ditetapkan. "Hasilnya, semua perlengkapan berkas calon pasangan Khofifah-Emil tersebut terpenuhi dan sah. Tinggal menunggu tahapan verifikasi berkas yang dilakukan pasca penutupan pendaftaran," tutur Eko Sasmito.

KPU Jatim dalam proses verifikasi dan klarifikasi akan melibatkan masyarakat dengan menerima masukan dari masyarakat lantas diklarifikasi kebenarannya. Apapun hasil verifikasi dan klarifikasi akan dilaporkan ke KPU RI dan Tim Pemenangan masing-masing calon.(end)

Berita Terkait


Berkas Sempat Kurang Lengkap, Pendaftaran Khofifah-Emil Akhirnya Sah

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua