Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Polisi Bondowoso Ringkus Penyebar Isu SARA di Facebook
Rabu, 10-01-2018 | 08:13 wib
Oleh : Rizqi Setiawan
Bondowoso pojokpitu.com, Tim Cyber Troops Satreskrim Polres Bondowoso menangkap pelaku penyebar isu SARA di media sosial dengan jeratan Undang-Undang ITE. Pelaku ini sangat meresahkan masyarakat, karena menjelek-jelekkan agama lain dengan kata-kata kotor hingga ujaran kebencian.

Fajar Sudaryanto alias Jess, warga RT 12, RW 3 Desa Klabang Kecamatan Klabang Bondowoso adalah tersangka kasus penyebar isu sara di media sosial. Fajar diamankan setelah bukti unggahan dan indentitas dirinya terungkap oleh Tim Cyber Troops Polres Bondowoso bekerjasama dengan Polda Jatim dan Mabes Polri.

Tersangka Fajar telah terbukti mengunggah postingan di media sosial Facebook dengan muatan isu SARA. Postingan Fajar berisi kata-kata dan foto yang menjelek-jelekkan agama lain sehingga sangat meresahkan suatu kelompok. Total kata-kata unggahan oleh tersangka sebanyak 3 kali, pada 20 Mei, 27 Mei, dan 12 Desember 2017 lalu.

Polisi mengamankan beberapa barang bukti kejahatan elektronik di antaranya, 1 handphone android, eksport data akun Facebook, serta bukti print out unggahan yang dilakukan.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal berlapis, yakni pasal 45a junto pasal 28 ayat 2 Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), pasal 16 junto pasal 4 Undang-Undang nomor 40 tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, serta pasal 156a junto pasal 157 KUHP, dengan hukumannya 6 tahun penjara atau denda paling banyak Rp 1 milyar. Demikian dikatakan AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, Kapolres Bondowoso.

Kapolres menambahkan, pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Karena postingan pembuat konflik, seperti isu SARA dan ujaran kebencian dapat menjerat pengunggah dengan hukuman berat.(end)

Berita Terkait


Ditlantas Polda Jatim Cek Jalur Rawan Laka Sarangan

Di Ponpes Gontor, Kapolda Ingin Ulama Ikut Menangkal Isu SARA

Polisi Gandeng Relawan TIK Pantau Penyebaran Kampanye Hitam Jelang Pemilu

Ahmad Basarah Setuju Dana Saksi Menggunakan APBN


Pemasangan Rolling Barrier Jalur Sarangan, Nunggu Jawa Barat

Gubernur Jatim Kucurkan Dana Pasang Pengaman Jalur Magetan Sarangan

Pasca Ambruk, Ruang Saraf Siap Difungsikan Lagi

GUIB: Waspadai Berita Hoax dan Sara Pada Tahun Politik
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber