Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Bulog Jatim Operasi Pasar Tekan Kenaikan Harga Beras
Selasa, 09-01-2018 | 16:01 wib
Oleh : Usrox Indra
Sidoarjo pojokpitu.com, Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog) divisi regional jawa timur, melakukan operasi pasar beras medium secara serentak ke seluruh pasar di wilayah Jawa Timur Selasa siang (9/1).

Operasi pasar  ini bertujuan untuk menekan harga pasar beras kelas medium, yang saat ini banyak melebihi harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

Operasi pasar beras medium untuk tahap awal ini, bulog jatim mengelontorkan ke 13 Pasar, yang berada di wilayah sub divre 5 Surabaya Utara, antara lain Kota Surabaya, Gresik dan wilayah Sidoarjo. selanjutnya, operasi pasar beras akan dilakukan di seluruh pasar di wilayah jawa timur.

harga beras medium operasi pasar ini sesuai harga eceran tertinggi yaitu 9 ribu 3 ratus 5 puluh rupiah per kilogramnya. Beras medium yang digelontorkan perum bulog ini untuk menekan harga beras medium yang mengalami kenaikan  di sejumlah pasar di wilayah jawa timur.

Operasi Pasar ini dilakukan mengingat saat ini harga beras medium ini naik rata-rata antara 10  hingga  20 persen dari harga eceran tertinggi yang ditetapkan oleh pemerintah, kenaikan harga beras terjadi di kabupaten sidoarjo, harga beras medium rata-rata mencapai lebih dari 11 ribu rupiah per kilogram. 

Kenaikan harga beras medium tertinggi terjadi di Kabupaten Sumenep  hingga  mencapai Rp 13 ribu per kilogram, harga beras medium di Sumenep ini bahkan melebihi harga eceran tertinggi beras premium yaitu Rp 12.800 rupiah per kilogram.

Staf ahli menteri perdagangan bidang iklim usaha dan hubungan antar lembaga, Suhanto, meminta masyarakat tidak khawatir dengan stok beras terutama di wilayah jawa timur. Menurutnya, produksi beras di jawa timur mencapai 8 juta ton per tahun, sementara kebutuhannya hanya 4 juta ton per tahun. (pul)

Berita Terkait


Bulog Jatim Operasi Pasar Tekan Kenaikan Harga Beras

Dampak Cuaca Buruk, Harga Beras di Sidoarjo Naik

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua