Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Bojonegoro siaga bencana. Foto dok.pojokpitu.com
Banjir Bengawan Solo Jadi Berkah Pencari Kayu Bakar
Selasa, 09-01-2018 | 15:51 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Bojonegoro pojokpitu.com, Banjir Bengawan Solo menjadi berkah tersendiri bagi para pencari kayu bakar bagi warga Desa Tambakrejo Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban. Tinggi muka air Bengawan Solo membuat kayu-kayu hanyut terbawa arus sungai dikais oleh para pencari kayu bakar.

Sejak pagi hari mereka mengais kayu-kayu yang hanyut diantara sampah untuk dikumpulkan, cara yang digunakanpun beragam sebagian ada yang menggunakan perahu, sebagain lagi menggunakan cara manual dengan melemparkan tali ke tengah sungai.

Kayu-kayu yang didapat warga dari sungai Bengawan Solo ini dikumpul diatas perahu maupun di tepi sungai, untuk kemudian dikeringkan baru selanjutnya dijual. Kayu yang didapat bermacam-macam, namun mayoritas adalah kayu jati dan bambu.

Sutrisno, Salah seorang pencari kayu bakar menuturkan naiknya debit air Bengawan Solo pada musim penghujan menjadi berkah tersendiri bagi para pancari kayu bakar. Jika pada musim penghujan seperti ini para pencari kayu dapat meraup untung hingga Rp 70 ribu perhari, dibandingkan dengan hari biasa yang hanya Rp 25 ribu saja. (pul)

Berita Terkait


Bantuan Korban Banjir Bengawan Solo Mulai Dibagikan

Bengawan Solo Meluap, Tempat Pengungsian Segera Disiapkan

Jalan Dan Puluhan Hektare Sawah Terendam Banjir Bengawan Solo

Banjir Bandang Terjang Belasan Rumah Warga Bojonegoro

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua