Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Kenaikan Cukai Rokok Dikuatirkan Bisa Mematikan UMKM
Senin, 08-01-2018 | 20:50 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Rencana pemerintah yang akan menaikan cukai rokok dikuatirkan akan membebani masyarakat. Ini karena jumlah konsumen di Indonesia cukup tinggi. Hal ini disampaikan anggota Komisi VI DPR RI, Bambang Haryo Soekartono.

Menurutnya, kenaikan cukai rokok tidak memberi sumbangsih terhadap kenaikan perekonomian nasional, karena apabila cukai rokok dinaikkan, maka daya beli masyarakat yang akan menurun.

"Kita tahu kalau jumlah konsumen rokok di Indonesia cukup tinggi, yakni sekitar 180 juta warga Indonesia. Otomatis rencana kenaikan cukai rokok sebesar 10,04 persen itu akan merugikan," kata Bambang di Surabaya, Senin (8/1).

Bambang Haryo menilai, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga akan menjadi korban akibat kenaikan cukai rokok, sebab sekitar 10 persen dari total 56 juta UMKM yang ada di Indonesia adalah penjual rokok. 

"Apabila cukai dinaikkan dapat membuat para UMKM tersebut tidak mampu lagi untuk memasok rokok dan menjualnya karena terlalu mahalnya harga rokok," tuturnya.

Bambang menyebut, berdasarkan data yang ada konsumen rokok telah menyumbang pajak rokok sekitar Rp150 triliun atau sekitar 7 - 8 persen dari total pendapatan negara yang mencapai sekitar Rp 1.800 triliun.

Karena itu, ia mendorong pemerintah dapat memberikan lapangan kerja dan jadi tonggak pertumbuhan ekonomi nasional, dan janganlah membebani masyarakat dengan kebijakan yang membebani.

"Kami berharap pemerintah dapat membuat kebijakan yang rasional dan dapat menyejahterakan masyarakat, karena industri rokok merupakan industri padat karya yang melibatkan jutaan orang dari hulu hingga hilir," jelasnya.(end)
 


Berita Terkait


Pemerintah Gelar Rembuk Nasional Atasi Kenaikan Cukai Rokok

Petani Mulai Resah Dengan Rencana Naiknya Cukai Rokok 23 Persen

Gapero Tolak Rencana Pemerintah Menaikkan Cukai Rokok

Kenaikan Cukai Rokok Dikuatirkan Bisa Mematikan UMKM


Bea Cukai Malang Bakar Pita Cukai Rokok Ilegal

Kenaikan Cukai Rokok Dikuatirkan Bisa Mematikan UMKM

Cukai Rokok Naik, Pengusaha Minta Pemerintah Tegas Berantas Rokok Ilegal

Pemilik Percetakan Palsukan Pita Cukai Rokok Dituntut 2 Tahun Penjara

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber