Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Pemkot Kalah Gugatan, PTFSS Kelola KBS
Senin, 08-01-2018 | 19:26 wib
Oleh : Budi Prakoso
Berita Video : Pemkot Kalah Gugatan, PTFSS Kelola KBS
Surabaya pojokpitu.com, Pemkot Surabaya harus kembali menelan pil pahit. Pemerintah Kota Surabaya harus rela melepas pengelolaan KBS (Kebun Binatang Surabaya) kepada Perkumpulan Taman Flora dan Satwa Surabaya (PTFSS). Kekalahan pemkot ini tertuang dalam putusan Mahkamah Agung.

Dengan putusan MA nomor 3055 K/PDT/2013 tertanggal 7 Mei 2014, tentang pengelolaan KBS, maka tidak ada lagi dualiasme ke pengurusan. Pemerintah Kota Surabaya harus rela melepas pengelolaan KBS. Semua hak pengelolaan berada di tangan PTFSS, selaku pemenang gugatan atas hak pengelolaan KBS.

Ketua PTFSS, Muhammad Soejatmiko mengatakan, Pemkot Surabaya harus legowo menyerahkan semua hak pengelolaan atas dasar putusan Mahkamah Agung. Bila tidak mau menyerahkan hal atas pengelolaan, PTFSS akan mengajukan penetapan ke Pengadilan Negeri untuk melakukan eksekusi pengelolaan KBS.

"Jadi Pemkot Surabaya bukan pemilik sah dari KBS, karena pemilik sah adalah PTFSS. Sejak tahun 2010 lalu telah dilakukan musyawarah dalam menyelesaikan masalah pengelolaan Kebun Binatang Surabaya. Ternyata, Pemkot Surabaya ingkar janji hingga gugatan sampai ke Mahkamah Agung dan dimenangkan PTFSS selaku pengelola KBS," jelas Muhammad Soejatmiko. 

Direktur Utama Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS, Chairil Anwar, menyerahkan semuanya kasus hukum kepada Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Selama ini PDTS KBS sudah melaksanakan kewajiban untuk memelihara dan mengelola masalah pendapatan hingga satwa.

Kasus gugatan yang memenangkan PTFSS mendapat tanggapan serius dari Komisi B DPRD Surabaya. Komisi B meminta kepada pengelola PDTS KBS untuk segera menyelesaikan kasus kalah gugatan tersebut. Agar tidak menimbulkan konflik pengelolaan di internal KBS.(end)

Berita Terkait


Resmi, Satwa Baru Penghuni KBS Surabaya Bernama Sarinah

Belasan Ribu Pengunjung Padati Kebun Binatang Surabaya

KBS Kembali Tambah Koleksi Satwanya

Dewan Minta Pemkot PTFSS Islah Dalam Pengelolaan KBS


Pemkot Kalah Gugatan, PTFSS Kelola KBS

Akhiri Libur Panjang, KBS Diserbu Pengunjung

Musim Kemarau , Perilaku Satwa KBS Berubah

Masa Berakhirnya Liburan, KBS Masih Diserbu Pengunjung
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber