Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Minim Barang Bukti, Polisi Mulai Temukan Ciri-ciri Pelaku Pencurian
Minggu, 07-01-2018 | 17:08 wib
Oleh : Khaerul Anwar
Malang pojokpitu.com, Kejadian pembobolan Bank Mandiri di wilayah Dampit, satu bulan lalu, minim akan barang bukti atau jejak yang ditemukan di lapangan. Para pelaku sudah dinyatakan profesional dan sempat merusak kamera CCTV yang ada.

Namun pihak Satreskrim Polres Malang dibantu Jatanras Polda Jatim sudah mengindikasi ciri-ciri pelaku. 

Lengah dari penjagaan yang dilakukan pihak keamanan Bank Mandiri dan pihak polsek setempat, membuat Bank Mandiri di wilayah Kecamatan Dampit berhasil dibobol kawanan pencuri. Bahkan pencuri sempat merusak kamera CCTV dan menjebol tembok belakang gedung, hingga pelaku dengan leluasa menggasak uang yang ada.

Anehnya, uang hasil transaksi bank tersebut tertinggal di atas meja ruangan yang jumlahnya Rp 10 juta dan tidak langsung dimasukkan ke dalam brankas hingga memudahkan pelaku menggasak uang tersebut.

Dari data yang dihimpun di lapangan, dua pelaku berhasil membawa kabur uang senilai Rp 12 juta rupiah dengan mudah, karena uang tunai tersebut tidak disimpan di brankas, melainkan di simpan di atas meja kerja.

Terjadinya pencurian pada Bank Mandiri ini, diduga karena lemahnya sistim pengamanan, yang dibuktikan dengan saat kejadian tidak adanya petugas jaga yang berada lokasi. Demikian juga kamera pengintai tidak bisa menunjukkan wajah pelaku, yang sebelumnya jaringan kamera CCTV diputus oleh pelaku.

Para pelaku lebih leluasa untuk bebas keluar masuk lewat lobang tersebut, karena hari libur petugas jaga hanya tugas sampai pukul 21.00 malam saja. Hebatnya lagi, kawanan pencuri tidak meninggalkan sidik jari, karena mereka dipastikan menggunakan sarung tangan.

Kejadian pencurian tersebut diduga terjadi pada Sabtu tengah malam dan diketahui oleh petugas jaga pada hari minggu malam ketika akan mengambil kunci untuk menyalakan mesin ganset untuk penerangan kantor bank mandiri tersebut.

Sudah satu bulan ini, penyelidikan terus dilakukan guna mengetahui ciri-ciri dari para pelaku dengan mengumpulkan data di lapangan dan keterangan saksi-saksi. Kini kasus ini sudah menunjukkan titik terang, pelaku pembobol bank juga sudah mulai nampak.

Dengan bantuan Tim Jatanras Polda Jatim, para pelaku pembobol Bank Mandiri, sebelum pelaksanaan Natal dan tahun baru itu sudah terlihat ciri - cirinya. Kini tinggal proses penangkapannya, agar tidak terjadi kesalahan prosedur.

"Ciri-ciri pelaku sudah terindikasi, kini tinggal langkah penangkapannya," kata AKBP Yade Setiawan Ujung, Kapolres Malang. (end)



Berita Terkait


Minim Barang Bukti, Polisi Mulai Temukan Ciri-ciri Pelaku Pencurian

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber