Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Diprediksikan kenaikan masih akan terjadi hingga Bulan Februari mendatang, karena banyak petani Bondowoso mengalami kegagalan panen. Foto Riz
Harga Beras Terus Naik, Satgas Pangan Sidak Produsen Beras
Sabtu, 06-01-2018 | 00:09 wib
Oleh : Rizqi Setiawan
Bondowoso pojokpitu.com, Satgas pangan Bondowoso, melakukan inspeksi mendadak kepada produsen beras. Sidak dilakukan karena tingginya harga beras pada awal tahun 2018.

Petugas dari satuan tugas atau satgas pangan Bondowoso, dipimpin AKP Julian Kamdo Waroka langsung mendatangi sejumlah produsen beras. Salah satunya gudang serampang jaya milik Ahmad Yulianto alias Kawong, di desa Pujer Kecamatan Pujer.

Petugas mengecek langsung segala aktifitas di dalam gudang, mulai dari pengeringan gabah, penggilingan beras, hingga proses pengemasan berbagai kualitas beras produksi gudang ini.

Sidak dilakukan karena banyaknya keluhan masyarakat tentang kenaikan harga beras yang terus terjadi pada awal tahun 2018. Beras kualitas premium biasanya dijual seharga Rp 10.000 perkilogram, kini harganya mencapai angka Rp 11.700. Sedangkan untuk kualitas medium dari Rp 8.500 naik menjadi Rp 10.000 perkilogramnya.

Kenaikan harga tersebut diakibatkan oleh kelangkaan gabah, karena para petani belum masuk musim panen. Serta sebelumnya banyak petani mengalami gagal panen, sehingga stok gabah tidak sampai pada musim panen selanjutnya.

Kurangnya pasokan gabah dari petani membuat aktifitas produksi pun ikut turun. Di gudang penggilingan milik Kawong ini sebelumnya mampu menggiling 120 ton gabah kering perhari, kini hanya melakukan proses untuk 50 ton saja.

Kawong menambahkan, kenaikan lebih dari Rp 1000 pada awal tahun, belum pernah terjadi sebelumnya. Untuk mengatasi hal tersebut telah melakukan kerjasama dengan bulog dengan memproduksi beras dengan harga jual di bawah harga eceran tertinggi. (pul)

Berita Terkait


Pemrov Jatim Gelontor Rp 160 Miliar untuk Bantuan Beras Rakyat Miskin

Pasokan Berlimpah, Harga Beras di Bojonegoro Turun

Beras Sachet 200 Gram Kini Hadir di Madiun

Beras Bulog Kurang Diminati Warga


Puluhan Warga Lanjut Usia Berdesakan Paket Beras dan Uang Tunai

Mengantuk, Mobil Pemudik Tabrak Truk Bermuatan Beras

Beras Bulog Kurang Diminati Warga

Demi Lebaran, Warga Rela Berdesakan Beli Beras Murah
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber