Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Disini Pemilihan Ketua OSIS Menggunakan Sistim Online
Jum'at, 05-01-2018 | 12:29 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Berita Video : Disini Pemilihan Ketua OSIS Menggunakan Sistim Online
Sidoarjo pojokpitu.com, Salah satu sekolah kejuruan di Sidoarjo, menggelar pemilihan ketua OSIS menggunakan sistim online. Penggunan sistim online ini, terinsipirasi oleh Pemilu yang ada di negara maju.

Banyak siswi yang nervous saat menggunakan hak pilihnya. Namun, mereka mengaku senang bisa belajar berdemokrasi yang akan diterapkan pada pilgub mendatang.

Empat pelajar dengan pakaian jas rapi merupakan kandidat calon ketua OSIS di sekolah tersebut. Mereka telah bersaing dalam mencari dukungan agar terpilih sebagai Ketua OSIS periode 2018-2019. Namun para kandidat ini nampak akrab dan jauh dari aroma permusuhan.
 
Tak heran, para kandidat yang sudah resmi mencalonkan diri sebagai Ketua OSIS, berkampanye dikelas-kelas untuk meminta dukungan sambil menjelaskan misi visinya. Layaknya pimilahan presdien mupun gubernur.
 
Untuk menunjang jalannya pemilihan berbasis online, mereka sekolah menyiapkan sofware khusus yang dibuat oleh guru multimedia. Kemudian sofware berfungsi untuk menjalankan sistim dalam proses pemilihan ketua osis.
 
Para pemilih hanya tinggal melihat visi misi para kandidat, serta biodata dan foto kandidat disebuah layar komputer. Setelah melihat informasi tentang para kandidat, baru pemilih mengklik menu ynag telah disiapkan.

Dalam proses pemilihan ini, pihak panitia pemilihan menyiapkan 30 komputer yang digunakan secara begiliran. Sedangkan jumlah pelajar yang mengikuti pemilihan ini sebanyak 2 ribu pelajar dari kelas 1 hingga kelas 3.
 
Salah satu siswi, Koirotul Nur Azizah, mengaku senang dapat berpartisipsi dalam pemilihan ketua OSIS, yang bisa dijadikan ajang belajar dalam demokrasi.
  
Sementara itu Siti Nuraini, Ketua Panitia Pemilihan OSIS, sistim online sengaja digelar karena terinsipirasi oleh pemilihan umum yang dilakukn oleh negara maju. Dengan pemilihan sistim online, proses penghitungannya bisa langsung dimonitor oleh semua pelajar yang ada di sekolah Antartika ini. Sehingga, kecil kemungkinan adanya pegurangan suara maupun kecurangan lainnya.
 
Meski hanya sebatas pemilihan ketua osis, namun proses pemilihan tersebut dapat menjadi media pembelajaran bagi pelajar yang sudah memiliki hak politik sebagai pemilih pemula. (pul)

Berita Terkait


Penyakit Tuberkulosis Serang Lebih Dari 1,3 Penduduk Indonesia

Balai Litbang P2B2 Banjarnegara Periksa Lingkungan Suspek Leptospirosis

Pasien Suspect Leptospirosis Jalani Perawatan di Rumah Sakit

Disini Pemilihan Ketua OSIS Menggunakan Sistim Online


Over Dosis Miras Oplosan, Seorang Pemuda Misterius Tergeletak di Jalan

Pesta Miras, Empat Warga Tulungagung Overdosis

Sekeluarga Terbakar, Pasutri Tewas Dalam Posisi Berpelukan

H-1 SBMPTN, Peserta Mulai Cari Posisi Ruang Ujian
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber