Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Empat Kapal Penangkap Ikan Ilegal Diamankan Polairut Sumenep
Rabu, 03-01-2018 | 14:40 wib
Oleh : Syaiful Anwar dan Muhammad Arif
Sumenep pojokpitu.com, Empat kapal ilegal yang ditemukan beroperasi di Perairan Sumenep, pada tahun 2017 lalu, diamankan Satuan Polisi Perairan Resort Sumenep. Sebab dianggap melanggar hukum, diantaranya tidak memiliki izin pelayaran.

Saat ini, berkas kasus ke empat kapal ilegal sudah diserahkan ke pihak Kejaksaan Kabupaten Sumenep untuk diproses lebih lanjut. Untuk sementara, penetapan tersangka hanya nahkoda kapal yang.  Namun hingga kini, terus dilakukan pengembangan untuk mengungkap keseluruan pelanggaran tersebut.

Menurut AKP Ludwi Yarsa, Kasat Polairut Sumenep, pelanggaran dari 4 kapal tersebut yakni, tidak dilengkapinya dengan surat surat pelayaran yang resmi. Selain itu, kapal juga ditemukan menggunakan alat tangkap yang dilarang oleh pemerintah, yakni cantrang. "Perairan Sumenep rentan terjadi pelanggaran hukum, khususnya penangkapan ikan secara ilegal, karena luasnya wilayah, membuat pelaku kejahatan leluasa melancarkan aksinya," kata AKP Ludwi Yarsa.

Untuk memaksimalkan pengawasan, pihaknya telah melakukan upaya kerjasama dengan masyarakat di kepulauan. Jika ditemukan ada kapal yang melakukan penangkapan ikan diluar ketentuan, segera diamankan dan dilaporkan ke pihak yang berwajib. (pul)

Berita Terkait


Empat Kapal Penangkap Ikan Ilegal Diamankan Polairut Sumenep

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua