Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Pendangkalan Kali Perak Akibatkan Bisnis Galangan Kapal Merugi
Jum'at, 29-12-2017 | 18:38 wib
Oleh : Selvie Wang
Surabaya pojokpitu.com, Sedimen menjadi permasalahan utama bagi PT Perikanan Nusantara Cabang Surabaya, karena menyebabkan pendangkalan Kali Perak. Akibatnya, pekerjaan dari sektor galangan kapal turun 50 persen.

Kepala PT Perikanan Nusantara Cabang Surabaya, Momon Hermono, mengatakan, dampak pendangkalan itu sudah terasa sejak 3 bulan lalu dan pihaknya sudah melaporkan ke otoritas pelabuhan Tanjung Perak, namun hingga saat ini belum ada respon. 

Usaha galangan kapal yang dimiliki PT Perikanan Nusantara pun terancam mengalami penurunan omset, karena kapal yang masuk ke layanan galangan kapal mereka, hanya kapal kecil saja.

Apalagi dari target 50 unit kapal yang bisa masuk ke galangan, kini total order riilnya hanya 25 unit kapal saja sepanjang tahun ini. 

"Tentu ini membuat kami khawatir karena akan berpengaruh pada keuntungan perusahaan," kata Momon.

Dikhawatirkan, jika Otoritas Pelabuhan masih belum bergeming, maka hampir dipastikan bisnis galangan kapal akan mati dalam dua tahunan ini. 

Menurut Bambang Haryo Soekartono, anggota DPR RI Komisi VI yang melakukan kunjungan reses ke PT Perikanan Nusantara (Persero) itu mengaku terkejut. Ia menyatakan akan mendorong Otoritas Pelabuhan untuk segera menanganinya.

"Alur itu kan tanggung jawab Otoritas Pelabuhan sebagai kepanjangan tangan pemerintah. Saya sudah menghubungi langsung Kepala Otoritas Pelabuhan agar pengerukan segera dilakukan sehingga ekonomi bisa kembali berjalan lancar, terutama sektor galangan kapal," jelas Bambang.

Ia juga berharap PT Perikanan Nusantara lebih meningkatkan produktifitas usaha perikanan mereka. Meskipun kini berlaku moratorium sejak tahun 2014 lalu, mengenai pelarangan kapal penangkapan ikan menggunakan troll atau pukat harimau sehingga menyebabkan ada beberapa kapal milik PT Perikanan cabang lain tidak beroperasi. (end)

Berita Terkait


Pendangkalan Kali Perak Akibatkan Bisnis Galangan Kapal Merugi

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber