Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

KPK Terima Pengaduan Korupsi Dari Jatim Sebanyak 564 Aduan
Rabu, 27-12-2017 | 18:07
Oleh : Iman Pujiono
Berita Video : KPK Terima Pengaduan Korupsi Dari Jatim Sebanyak 564 Aduan
Jakarta pojokpitu.com, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merilis capaian dan kinerja tahun 2017. Dalam rilis kali ini, disebutkan Provinsi Jawa Timur menduduki posisi teratas pengaduan masyarat ke bagian pengaduan di KPK.

Penindakan dilakukan KPK di wilayah Provinsi Jawa Timur pada tahun 2017, yaitu 6 operasi tangkap tangan dan 1 penindakan. KPK juga menyebutkan wilayah Provinsi Jawa Timur menduduki posisi teratas terkait pengaduan.

Jumlah pengaduanya tidak tanggung-tanggung. KPK menerima pengaduan sebanyak 564 pengaduan oleh anggota masyarakat kepada KPK.

Ketua KPK Agus Raharjo mengatakan, "Operasi tangkap tangan (OTT) dilakukan oleh KPK adalah hasil dari pengaduan masyarakat. Untuk wilayah Jatim, jumlah OTT cukup tinggi." 

Terkait belum adanya tindak lanjut terhadap pengaduan yang masuk, Agus mengatakan, laporan tersebut akan dikaji terlebih dahulu. 

Sementara Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, dalam kesempatan yang sama menyebutkan, banyak laporan tersebut lantaran masyarakat yang aktif untuk pengawasan pelaporan korupsi. 

Namun bila tidak ada laporan, belum tentu tidak ada korupsi, bisa jadi masyarakat dan penegak hukumnya yang kurang aktif, tambahnya. 

Dalam kurun waktu 2017, secara nasional KPK telah melakukan 19 kali OTT. Sebanyak 6 di antaranya dilakukan di Jawa Timur, 4 kepala daerah diamankan. Ini belum termasuk anggota DPRD dan beberapa aparatur sipil negara di Jawa Timur, juga ditangkap. 

Berita Terkait


KPK Terima Pengaduan Korupsi Dari Jatim Sebanyak 564 Aduan

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber