Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Nelayan mengeluarkan hiu tutul dari jaring mereka
Nelayan Lepaskan Hiu Tutul Sepanjang 5 Meter yang Terjerat Jaring
Selasa, 26-12-2017 | 16:58 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Seekor hiu tutul yang tengah migrasi ke Perairan Laut Utara Probolinggo, Jawa Timur, terjerat jaring nelayan. Para nelayan terpaksa terjun ke dalam air untuk melepaskan kembali satwa dilindungi itu ke laut, meski harus kehilangan banyak tangkapan ikan.

Dari rekaman video amatir terlihat seekor hiu tutul dengan panjang sekitar 5 meter terjerat jaring nelayan di kawasan Perairan Utara Probolinggo Jawa Timur. Upaya penyelamatan berlangsung dramatis saat nelayan berusaha keras melakukan penyelamatan untuk melepas hewan mamalia laut ini ke laut lepas.
 
Ukuran hiu tutul yang bobotnya sekitar 1 ton ini menyulitkan upaya nelayan membebaskannya dari jerat jaring. Dua nelayan terpaksa terjun ke dalam air untuk mempermudah satwa asal perairan Australia itu keluar dari jaring nelayan. Sesaat kemudian, terlihat hiu tutul mulai keluar dari jaring yang digunakan untuk menangkap ikan itu.
 
Hingga Selasa siang, kawanan hiu tutul ini masih berkeliaran di Pantai Utara Probolinggo atau perairan Selat Madura. Mereka migrasi dari habitat aslinya sejak dua pekan lalu untuk mencari makan plankton.
 
Yahya, salah saorang nelayan, memastikan ikan-ikan kecil tangkapannya akan melimpah dengan adanya hiu tutul di Perairan Utara Probolinggo. Nelayan mengaku tidak terganggu dengan adanya puluhan hiu tutul berkeliaran di Laut Probolinggo.
 
Sudartono, Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi VI Probolinggo, mengatakan pihaknya tetap memantau kondisi hiu tutul selama berada di Perairan Probolinggo.
 
Tim BKSDA memperkirakan terdapat sedikitnya 30 hiu tutul di perairan utara. Hiu tutul masuk jaring nelayan secara tidak sengaja saat berusaha berenang di perairan dangkal.
 
Petugas menghimbau agar nelayan berhati-hati saat menangkap ikan karena saat ini banyak hiu tutul di Perairan Probolinggo. Petugas juga meminta agar nelayan turut menjaga ekosistem laut.(end)

Berita Terkait


Nelayan Lepaskan Hiu Tutul Sepanjang 5 Meter yang Terjerat Jaring

BKSDA dan Polisi Patroli Pastikan Kondisi Hiu Tutul Sehat

Hiu Tutul Terkena Jaring Nelayan Kenjeran


Muncul Kawanan Hiu Tutul di Laut Utara Probolinggo

Hiu Tutul 4 Meter Terdampar Jadi Tontonan Warga

Kawanan Hiu Tutul Serbu Pantai di Probolinggo

Serunya Bermain Air Bersama Kawanan Hiu Tutul di Pantai Bentar
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber