Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Olah Raga 

Olahraga Tradisional Gobak Sodor Resmi Masuk Cabor KONI Bondowoso
Minggu, 24-12-2017 | 14:39 wib
Oleh : Riqzi Setiawan
Bondowoso pojokpitu.com, Permainan tradisional gobak sodor di Bondowoso resmi masuk dalam salah satu cabang olahgara Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten. Terdapat 80 klub sodor di seluruh kabupaten, diharapkan olahraga ini dapat menjadi salah satu cabang olahraga yang masuk dalam pekan olahraga provinsi, bahkan tingkat nasional.

Nama gobak sodor diklaim berasal dari bahasa Inggris go back to the door. Dalam permainan ini, terdapat dua tim terdiri dari tujuh pemain secara bergantian beradu untuk menghadang lawan agar tidak masuk melewati garis tempat berjaga. Tim dinyatakan mendapatkan nilai ketika berhasil melewati seluruh garis lawannya.

Di Bondowoso, permainan olahraga tradisional tersebut sangat diminati masyarakat. Adanya gobak sosor dinilai dapat menjaga silaturahmi dan keakraban pertemanan antar desa dan kecamatan.

Asosiasi Gobak Sodor (AGS) Bondowoso menggelar lomba di Alun-Alun Raden Bagus Assra, 80 tim ikut dalam gelaran ini. Tak hanya itu, lomba tahunan tersebut juga mendapat antusias ratusan suporter dari masing-masing tim untuk meramaikan jalannya pertandingan. Para pemain terlihat sangat lihai berlari cepat melewati garis lawan, maupun dalam mempertahankan garis jagaannya.

Banyaknya peminat gobak sodor membuat olahraga tradisional ini resmi masuk menjadi salah satu cabang olahraga di KONI Kabupaten Bondowoso.

"AGS Bondowoso juga akan mengajak kabupaten lain pecinta gobak sodor agar juga ikut memasukkan gobak sodor masuk dalam cabang olahraga resmi kabupaten," tutur Ahmad Dhafir, Dewan Pembina Gobak Sodor Bondowoso.

Masuknya gobak sodor pada KONI diharapkan agar permainan warisan nenek moyang ini tidak punah, serta gobak sodor dapat masuk dalam pekan olahraga Provinsi Jawa Timur, bahkan masuk dalam kancah di tingkat nasional.(end)



Berita Terkait


Olahraga Tradisional Gobak Sodor Resmi Masuk Cabor KONI Bondowoso


Egrang dan Gobak Sodor Hadir di Lomba Agustusan

Lestarikan Tradisi, Puluhan PNS Gelar Lomba Gobak Sodor
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber