Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Dengan biogas ini, puluhan kepala keluarga bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan rumah hidup sehari harinya.Foto Amin
Inilah Hasil Olahan Sampah RT Menjadi Biogas
Selasa, 19-12-2017 | 21:06 wib
Oleh : Aminuddin Ilham
Berita Video : Inilah Hasil Olahan Sampah RT Menjadi Biogas
Mojokerto pojokpitu.com, Dinas Lingkungan Hidup Kota Mojokerto berhasil mengelola dan memanfaatkan ribuan ton sampah di Tempat Pembuangan Akhir, di Kelurahan Radegan, Kecamatan Magersari Kota, menjadi biogas.

Awal prosesnya, dari tumpukan ribuan ton sampah yang berada di tempat pembuangan akhir sampah. Tumpukan sampah yang berasal dari 18 kelurahan di kota Mojokerto ini, dikelola oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup. Yaitu memasang 7 pipa berukuran besar dibawah tumpukan sampah. Pipa paralon yang berukuran besar tersebut, disambungkan dengan pipa paralon yang terletak di tempat pengolahan biogas.
 
Dari pusat pengolahan biogas terdapat pipa spiral yang kegunaanya untuk mengurangi kadar air. Serta pada bagian bawah terdapat blower untuk mendorong dan mengaliri biogas ke puluhan rumah warga yang tinggal sekitar TPA.
 
Menurut Amin Wakhid Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Mojokerto, dengan pemanfaatan sampah menjadi biogas ini, warga yang tinggal disekitar TPA bisa terbantu. Ketika kelangkangan gas LPG, warga tidak harus membeli atau mengantri. Saat ini, baru 24 rumah yang teraliri biogas. Ke depan mentargetkan satu kelurahan di Randegan akan teraliri biogas. (pul)

Berita Terkait


Inilah Hasil Olahan Sampah RT Menjadi Biogas

Manfaatkan Biogas dari Limbah Kotoran Sapi

Listrik Malah, Manfaatkan Biogas dari Limbah Kotoran Sapi

Warga Tinggalkan LPG Beralih Ke Biogas


Warga Tinggalkan LPG Beralih Ke Biogas
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua