Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Curah Hujan Tinggi Diprediksi Sampai Akhir Tahun
Minggu, 17-12-2017 | 06:10 wib
Oleh : Sujarismanto
Pacitan pojokpitu.com, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pacitan, menghimbau seluruh masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi bencana alam, terutama masyarakat yang tinggal di daerah rawan akan bencana tanah longsor. Ini menyusul potensi curah hujan tinggi di wilayah Pacitan, diperkirakan sampai akhir tahun 2017.

Berdasarkan prediksi Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika, curah hujan tinggi di wilayah Pacitan masih berpotensi terjadi hingga awal tahun 2018.  Bulan Desember diperkirakan menjadi puncak musim penghujan tahun ini, masyarakat  yang menempati daerah rawan longsor dihimbau untuk tetap waspada terutama ketika curah hujan tinggi melanda.

Berdasarkan pemetaan sementara, terdapat sekitar 180 titik rawan bencana tanah longsor dan tanah gerak yang tersebar di 12 kecamatan di Pacitan. Beberapa di antaranya masih dalam penelitian Tim Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi Bandung. 

"Kajian struktur tanah ini penting untuk memastikan layak tidaknya untuk pendirian rumah warga," tutur Dianita, Kasi Kesiasiagaan dan Mitigiasi BPBD Pacitan. 

Bencana alam tidak mengenal tempat ruang dan waktu, meningkatkan kewaspadaan sejak dini merupakan pilihan bijak bagi masyarakat terutama yang terpapar potensi bencana alam.(end)



Berita Terkait


Curah Hujan Tinggi Diprediksi Sampai Akhir Tahun

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber