Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Ribuan Warga Berebut Tumpeng Hari Jadi Lumajang
Jum'at, 15-12-2017 | 18:13
Oleh : Achma Arif
Lumajang pojokpitu.com, Parade tumpeng dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Lumajang ke-762 berlangsung semarak. Ribuan warga berebut puluhan tumpeng berisi buah-buahan hasil bumi di tengah alun-alun Kota Lumajang.

Parade tumpeng ini didahului arak-arakan yang diikuti para pejabat yang tergabung dalam Forkompimda Kabupaten Lumajang. Sambil diiringi tarian, mereka berjalan dari pendopo menuju alun-alun Kota Lumajang.
 
Puluhan tumpeng dari 21 kecamatan di Lumajang ikut mengiringi arak-arakan ini. Tumpeng-tumpeng itu berisi berbagai macam hasil bumi setinggi tiga meter. Lalu, tumpeng-tumpeng itu diletakkan di tengah alun- alun Kota Lumajang dengan membentuk formasi hari kelahiran Kota Lumajang ke-762.
 
Ribuan warga sangat antusias menunggu momen yang digelar setahun sekali ini. Awalnya mereka berdiri dengan tertib di sekeliling puluhan tumpeng. Namun, sebelum pelaksanaan prosesi Harjalu (Hari Jadi Lumajang) usai, beberapa warga yang tidak sabar mendadak berebut langsung menyerbu tumpeng. Tak pelak, aksi ini diikuti oleh ribuan warga lainnya karena takut tidak kebagian tumpeng. Satpol PP yang mencoba melerai warga justru kewalahan.  

Warga sangat senang mendapat isi tumpeng berupa hasil pertanian meski harus berebutan. Warga langsung makan isi tumpeng yang berhasil direbut. Mereka merasa mendapat berkah.
  
Kabupaten Lumajang yang sudah berusia 762 tahun telah banyak mendapatkan keberhasilan- keberhasilan. Berbagai macam prestasi telah diperoleh. Perayaan Harjalu ini diharapkan bisa membuat warga Lumajang makin kompak dan makin sejahtera.
 
Menurut Agus Wicaksono, ketua DPRD Lumajang, meski akan menghadapi tahun politik pada 2018, suasana di Lumajang tetap kondusif. Tahun depan warga Lumajang akan memilih bupati baru.(pul)
 
 
 
 
 
 

Berita Terkait


Ribuan Warga Berebut Tumpeng Hari Jadi Lumajang

Ribuan Warga , Nyaris Ricuh Saat Berebut Tumpeng Ancak Agung

Bakso Tumpeng, Unik dan Menggugah Selera

Berharap Berkah, Ratusan Warga Berebut Tumpeng Raksasa di HUT Tulungagung


Berharap Berkah, Ratusan Warga Berebut Tumpeng Raksasa di HUT Tulungagung

Warga Desa Sumbersuko Grebeg Tumpeng Hasil Bumi

Festival Banjir Tahu, Warga Arak Tumpeng Tahu Setinggi 7 Meter

Ribuan Warga Ikuti Tradisi Kuras Sendang dan Rebutan Tumpeng
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber