Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

KRI Bima Suci Gantikan KRI Dewa Ruci sebagai Kapal Latih
Jum'at, 15-12-2017 | 15:31 wib
Oleh : Edwin Jaka
Surabaya pojokpitu.com, Kegagahan KRI Dewaruci kini digantikan oleh KRI Bima Suci. Kapal latih bagi Taruna Akademi Angkatan Laut ini, baru saja tiba di dermaga Armatim, seusai dibawa dari galangan pembuatannya di Freire Shipyard, Vigo Spanyol.

Jumat pagi tadi (15/12), kapal dengan panjang 111, 2 meter dan lebar 13,62 meter ini disambut langsung oleh Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, Pangarmatim beserta jajaran.

Dibandingkan dengan KRI Dewa Ruci, kapal yang telah menempuh perjalanan selama tiga bulan dari Spanyol menuju Surabaya ini lebih besar.

Sebab, KRI Bima Suci mampu membawa ABK sebanyak 66 personil, Taruna AAL 119 orang dan jumlah pengasuh sebanyak 90 orang. 

Dengan kecepatan maksimal mesin 12 knot, dan kecepatan layar 15 knots dan berat kapal 2 346 ton, KRI Bima Suci memulai perjalanan dari sejumlah negara.

Diantaranya, Vigo (Spanyol), Chivitavecchia (Italy), Portsaid (Mesir), Jeddah (Arab Saudi), dan Colombo (Srilangka). Beragam misi diplomasi dilakukan. Khususnya pendidikan bagi kadet AAL.

Menurut Komandan KRI Bima Suci, Letkol Laut (P)Widiyatmoko Baruno Aji, ada tantangan tersendiri dalam membawa kapal latih ini ke Indonesia. "Tentu saja saya harus menyesuaikan dengan mode mesin, awak kapal, dan sistem navigasi. Namun semua bisa diatasi," kata dia.

Lulusan AAL angkatan ke-43 ini merupakan Komandan KRI Dewaruci selama dua tahun berturut-turut. Dia menyatakam sistem modernisasi kapal juga lebih disesuaikan.

Karakter KRI Bima Suci diambil dari tokoh pewayangan. Yakni putra Prabu Pandu, Raja Negara Astina. Bima adalah salah satu dari Pandawalima.

Harapannya, kekuatan Bima mampu diaplikasikan melalui etos keilmuwan yang tinggi.

"Ini  adalah kapal latih yang disesuaikan dengan moderinisasi. Khususnya bagi para taruna dan taruni. Karena saat ini sudah ada taruni," kata Laksamana Muda TNI Didik Prasetiyono, Pangarmatim.

Ia mengatakan, kehadiran KRI Bima Suci tidak lantas mengandangkan KRI Dewaruci. Kapal lama tetap beroperasi. Namun akan digunakan untuk even lain selain sebagai kapal latih. (win/pul)

Berita Terkait


KRI Bima Suci Gantikan KRI Dewa Ruci sebagai Kapal Latih

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber