Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Ditahan Karena Beli HP di Medsos, Santri Akhirnya Dibebaskan
Kamis, 14-12-2017 | 20:14 wib
Oleh : Unggul Dwi Cahyono, Muhammad Zainurofi
Berita Video : Ditahan Karena Beli HP di Medsos, Santri Akhirnya Dibebaskan
Kediri pojokpitu.com, Seorang santri yang didakwa sebagai penadah barang curian, akhirnya dibebaskan oleh majelis hakim. Dalam sidang putusan sela di Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri, majelis hakim menerima eksepsi kuasa hukum, terkait penerapan pasal yang kurang tepat dan dinilai tidak sesuai dengan peraturan Mahkamah Agung.

Muhamad Syarifudin, seorang santri terdakwa penadah barang curian, langsung memeluk keluarga dan sujud syukur, usai majelis hakim Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri memvonis bebas dalam sidang putusan sela. 

Syarifudin kemudian langsung dibawa oleh petugas, keluar ruang sidang, untuk mengurusi berkas administrasi sebagai salah satu syarat bebas.

Dalam sidang yang diketuai oleh hakim Agustinus Yudhi Setiawan, majelis hakim menerima eksepsi yang diajukan oleh tim kuasa hukum dalam sidang sebelumnya. Salah satu poin eksepsi yang diterima oleh majelis hakim adalah terkait pasal yang digunakan oleh jaksa penuntut umum. 

Pihak jaksa penuntut umum menggunakan pasal 480 dalam kasus ini, sedangkan sesuai peraturan Mahkamah Agung, dengan nilai kerugian di bawah Rp 2,5 juta, seharusnya menggunakan pasal 483 dan masuk dalam tindak pidana ringan. Demikian dikatakan Setyanto Hermawan, Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri

Selama proses persidangan berlangsung, ratusan pemuda dari berbagai organisasi menggelar aksi solidaritas di depan kantor Pengadilan Negeri. 

Mereka sangat puas dengan hasil sidang, yang memvonis bebas Muhamad Syarifudin. Rencananya, Syarifudin akan langsung kembali ke pondok pesantren, untuk mengikuti aktifitas sebagai santri.

Sebelumnya, Muhamad Syarifudin, seorang santri sebuah pondok pesantren, didakwa menjadi penadah dalam kasus pencurian handphone. Kasus ini bermula saat Syarifudin membeli sebuah handphone melalui media sosial Facebook, namun ternyata handphone tersebut merupakan hasil curian.(end)

Berita Terkait


Ditahan Karena Beli HP di Medsos, Santri Akhirnya Dibebaskan

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('4751409','2018-04-24','02:08:11','56573','Ditahan Karena Beli HP di Medsos, Santri Akhirnya Dibebaskan','54.80.103.120','1','desktop')