Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Tak Ada Lahan Lain, Warga Bongkar Kandang Sapi Untuk Dijadikan Rumah
Kamis, 14-12-2017 | 16:13
Oleh : Sujarismanto, Agung Prawoto
Berita Video : Tak Ada Lahan Lain, Warga Bongkar Kandang Sapi Untuk Dijadikan Rumah
Pacitan pojokpitu.com, Salah seorang warga terdampak tanah amblas di Desa Ponggok Pacitan, terpaksa membongkar kandang sapi miliknya untuk di jadikan rumah. Hal ini di lakukan karena tak ada lahan lain untuk relokasi.

Korban Suryono (50) yang terkena dampak bencana tanah longsor dan tanah gerak. Rumah yang dihuni puluhan tahun, kondisinya sudah rata dengan tanah. Satu satunya harta yang ia miliki adalah kandang sapi, yang berada dekat dengan lokasi longsoran. 

Tak punya lahan lain untuk mendirikan rumah, ia terpaksa membongkar kandang sapi miliknya dan dijadikan rumah baru, berukuran 4x 8 meter. Sedangkan 2 ekor sapi yang ia miliki terpaksa dijual, untuk biaya hidup sehari hari.

Rumah sederhana ini ia dirikan untuk tempat berteduh ke 5 anggota keluarganya, yakni istri, orang tua, serta kedua anaknya yang masih sekolah. Mirisnya, pria yang bekerja sebagi petani dan buruh bangunan ini, mendirikan rumah, hanya berjarak sekitar 20 meter dari titik longsor dan rekahan tanah. Hal ini terpaksa di lakukan, karena ia tak punya lahan lain.

Menurut Suryono warga terdampak, bencana tanah gerak dan tanah longsor di Desa Ponggok masuk kategori cukup parah. Sebab berdasarkan kajian sementara Badan Pusat Vulkanologi Mitigasi Dan Bencana Geologi, Desa Ponggok berada dalam zona merah rawan retak dan longsor. Kini, belasan kepala keluarga masih bertahan di pengungsian, entah sampai kapan. (pul)

Berita Terkait


Sawah Sudah Terendam, Petani di Pacitan Alih Profesi

Tak Punya Lahan Relokasi, Warga Masih Bertahan di Pengungsian

Tak Ada Lahan Lain, Warga Bongkar Kandang Sapi Untuk Dijadikan Rumah

Bukit Terbelah, Rumah Warga Terkena Imbasnya

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber