Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Saksi Ahli Beri Keterangan dalam Sidang Penggelapan dan Penipuan Henry J . Gunawan
Rabu, 13-12-2017 | 18:55 wib
Oleh : Ayul Andhim
Surabaya pojokpitu.com, Sidang perkara penggelapan dan penipuan yang menjerat bos PT Gala Bumi Perkasa , Henry J Gunawan, kembali berlanjut di Pengadilan Negeri Surabaya.

Henry J Gunawan, yang terlibat perkara penggelapan dan penipuan penjualan tanah di daerah Malang senilai Rp 4,5 milyar, akhirnya sampai ke tahap pemeriksaan saksi ahli. Jaksa penuntut umum Ali Prakoso, menghadirkan dua saksi ahli pidana Dr Jusup Jakobus Setyabudhi dari Universitas Pelita Harapan Surabaya dan ahli kenotarisan Habib Adjie.

Dr Jusup Jakobus Setyabudhi menjelaskan, secara ilustrasi, pada intinya pasal yang didakwakan oleh jaksa pada terdakwa Henry J Gunawan, merupakan satu rangkaian peristiwa tindak pidana yang tidak dapat dipisahkan. Satu peristiwa bisa terjadi dua tindak pidana sekaligus, karena masuk dalam perbuatan berkelanjutan.

Dalam kasus penipuan dengan terdakwa Henry J Gunawan, merupakan suatu tindakan yang dilakukan dengan maksud untuk memperdayai seseorang dengan cara berkata bohong untuk meyakinkan orang lain, agar mau menurutinya.

Sementara itu, saksi ahli kenotarisan menjelaskan, notaris Caroline memiliki hak untuk melaporkan adanya perbuatan pidana, karena ada peristiwa hukum yang menyebabkan kerugian pada dirinya, dimana sertifikat tanah yang seharusnya pada dirinya yang kemudian dipinjam staf PT Gala Bumi Perkasa, Asrori dan Yuli, atas perintah terdakwa tidak dikembalikan dan justru ditransaksikan kepada pihak lain.

Saksi Habib juga menegaskan, beberapa akta yang telah dibuat para pihak tidak boleh diperjualbelikan atau dibaliknamakan. Akte perjanjian di depan notaris tetap berlaku sampai ada pembatalan para pihak dan putusan pengadilan.

Seperti diketahui, terdakwa Henri J Gunawan disidangkan atas kasus penipuan dan penggelapan atas laporan notaris Caroline, dalam pembelian tanah senilai Rp 4,5 milyar.(end)




Berita Terkait


Saksi Ahli Beri Keterangan dalam Sidang Penggelapan dan Penipuan Henry J . Gunawan

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber