Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Verikasi Perbaikan KPUD Temukan Data Parpol Bermasalah
Rabu, 13-12-2017 | 02:16 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Verifikasi parpol tahap kedua yang dilakukan KPUD Kabupaten Jombang masih menyisakan masalah. KPUD masih menemukan adanya data ganda, anggota TNI dan aparatur sipil negara (ASN), karena waktu yang diberikan sudah cukup, maka KPUD akan melaporkan dengan memberikan catatan TMS (tidak memenuhi syarat) pada data-data tersebut.

Hari ini, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Jombang  menyerahkan kembali berkas yang telah diverifikasi kepada partai politik calon peserta pemilu. Berkas yang diserahkan kepada parpol ini merupakan berkas perbaikan kedua yang juga perbaikan terakhir.
 
Satu persatu utusan parpol menerima berkas dari KPU. Berkas ini menjadi dokumen partai  bersangkutan, karena sudah tidak ada kesempatan untuk perbaikan lagi. Selain menyerahkan kepada parpol, KPU juga menyerahkan berkas dari seluruh parpol kepada Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten.
 
Muhaimin Sofi, Ketua KPUD Jombang mengatakan, "Pada verifikasi tahap pertama, KPU menemukan sebanyak 57 aparatur sipil negara (ASN) dan satu anggota TNI masuk dalam keanggotaan parpol."
 
Selain itu, ratusan data ganda baik internal parpol maupun eksternal parpol juga ditemukan KPU, sedang diverifikasi administrasi perbaikan KPU masih menemukan sejumlah data partai bermasalah. Hanya saja jumlahnya berkurang dari verfikasi pertama.
 
Setelah proses verikasi administrasi selesai, selanjutnya KPUD akan melakukan verifikasi faktual. Verifikasi faktual ini dilakukan sebelum seluruh laporan dikirimkan ke kantor KPU pusat untuk penetuan lolos tidaknya partai politik menjadi peserta pemilu.(end)

Berita Terkait


Bawaslu Sidangkan Kasus Pencoretan Caleg Gerindra Oleh KPUD Sidoarjo

Verikasi Perbaikan KPUD Temukan Data Parpol Bermasalah

KPUD Sidoarjo Akan Panggil Ali Masykuri

Tak Kunjung Cair, KPUD Kebingungan


Tahapan Packing Logistik, KPUD Bondowoso Update Data DPTB dan Pindah Pilih Hingga H-60

Jelang Pemilu 2019, 24.788 Kotak Suara Tiba di Kantor KPUD Bojonegoro

Tolak Keputusan KPUD, Massa Terlibat Bentrok Dengan Polisi

Ketua KPUD Sidoarjo: Bacaleg Tidak Memenuhi Syarat Sesuai Peraturan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber