Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

UMKM Rungkut Tembus ke Negara ASEAN
Selasa, 12-12-2017 | 18:24 wib
Oleh : Budi Prakoso
Berita Video : UMKM Rungkut Tembus ke Negara ASEAN
Surabaya pojokpitu.com, Home industri tradisional Kecamatan Rungkut Surabaya, mampu menembus ke negara ASEAN. Home industri pembuatan kue, handycraft hingga kerajinan tangan khas Surabaya ini bisa mendongkrak pendapatan ekonomi. Rata-rata yang dipesan negara tetangga tersebut, berupa kue kering, keripik hingga kerajinan tangan yang sangat unik dan menarik.

Dalam bazar mikro usaha yang diselenggarakan Pemerintah Kota Surabaya dan Kecamatan Rungkut Surabaya ini, yang diikuti puluhan home industri di seluruh wilayah Rungkut, bertempat di halaman Kelurahan Rungkut Kidul, semua pengusaha home industri menampilkan berbagai produk makanan hingga kerajinan. Dalam kesempatan tersebut, juga diadakan lomba masak dengan menu sehat dan bermanfaat bagi tubuh.

Camat Rungkut, Muhammad Safik mengatakan, "Dengan bazar mikro inilah, pengusaha home industri menampilkan berbagai aneka makanan maupun kerajinan tradisional. Sekaligus mendorong meningkatkan perekonomian, Pemerintah Kota Surabaya sudah memberikan fasilitas melalui UMKM untuk dipasarkan ke luar negeri atau Asia Tenggara."

Para peserta bazar mikro usaha yang berasal dari pengusaha home industri ini, berharap Pemerintah Kota Surabaya terus gencar melakukan promosi kepada negara tetangga. Agar olahan home industri Surabaya, bisa masuk kategori internasional hingga seluruh manca negara.

Bahkan dari hasil UMKM inilah pendapatan mencapai hingga ratusan juta setiap bulannya. Pemerintah Kota Surabaya, melalui Dinas Koperasi selalu mengirimkan hasil olahan home industri ke luar negeri dengan melalui acara pameran tingkat nasional, Asia hingga internasional.(end)

Berita Terkait


Pelaku UKM Diajak Tinggalkan Zona Nyaman via Digitalisasi

Inovasi Aplikasi Pro UMKM dan Wisata Surabaya

Jatim Ditarget Tingkatkan Volume Perdagangan Dalam Negeri Dari Produk UMKM

Bina UMKM, Pemprov Jatim Gelar Pengembangan Produktifitas Usaha


Baru 8 Persen Pelaku UMKM Gunakan E-Commerce

Tingkatkan Produktivitas UMKM, Disnakertrans Sampang Gelar Pelatihan

Pemberdayaan UMKM Kerupuk Tingkatkan Kualitas Produk

Nilai Mata Uang Asing Tembus Rp 14.850, Pelaku UMKM Rugi Hingga 10 Persen
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber