Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Inovasi Pengembangan Pertanian Organik Pemuda Pesantren
Selasa, 12-12-2017 | 07:16
Oleh : Achmad Syarwani
Berita Video : Inovasi Pengembangan Pertanian Organik Pemuda Pesantren
Nganjuk pojokpitu.com, Sekelompok pemuda dari kalangan pesantren di Nganjuk, menggelar pelatihan di bidang pertanian organik. Diharapkan pada kegiatan yang berlangsung dua hari ini, para santri tidak hanya pandai mengaji kitab, tapi juga pandai menciptakan inovasi di bidang pertanian.

Pelatihan yang diikuti oleh puluhan pemuda kalangan santri di Nganjuk ini, terfokus pada proses pembuatan nutrisi dan mikroba, sebagai pupuk tanaman, dengan menggunakan bahan alami .

Para santri diajari teori dan prkatek dalam mencampurkan sejumlah bahan, hingga menjadi nutrisi yang mempu menyuburkan tanah.

Usaman sadikin seorang pemateri, menjelaskan dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para pemuda , snatri selain mondok tidak gengsi untuk turun kesawah sebagai petani pemuda dan sebagai pelopor ketahanan pangan kedepan.

"Harapannya juga para petani pesantren muda siap bertani dan berbagi informasi terakait bagaimana perlakuan alami dan pembuatan pupuk berbasis kearifan lokal," ujar Usman Sadikin , selaku pemateri. 

"Prinsip utama dari pertanian alami adalah memahami bahwa negeri ini dibangun dari kearifan di berbagai aspek, termasuk pertanian. Banyak tradisi pertanian telah ditinggalkan oleh para petani kita, sehingga tidak lagi mempertimbangkan aspek lingkungan termasuk aspek kearifan lokal," kata Ulum Bastomi , Wakil Ketua DPRD Nganjuk. 

Sistem ini menggunakan bahan alami dalam membuat nutrisi dan mikroba sebagai pupuk tanaman, juga mendorong budaya gotong royong dalam pelaksanaannya. 

Diharapkan para santri juga memiliki keterampilan di bidang pertanian, dan mampu memproduksi hasil karyanya hingga mampu bersaing di pasar global.(end)

Berita Terkait


Inovasi Pengembangan Pertanian Organik Pemuda Pesantren

Cegah Kerusakan Struktur Tanah, Pemerintah Ajak Petani Gunakan Pupuk Organik

Pejabat Pemkab Ngawi Wajib Konsumsi Beras Organik

Pupuk Organik Berbahan Blotong Tebu Ramah Lingkungan


Wisata Buah Naga Organik Simbol Keberuntungan

Pejabat Pemkab Ngawi Wajib Konsumsi Beras Organik

Wisata Akhir Tahun, Memetik Buah Naga Organik di Puncak Rembangan

"Menyulap" Blotong Tebu Menjadi Pupuk Organik Yang Memiliki Nilai Ekonomis
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber