Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Ingat, Bawaslu Jatim Larang Anggotanya Swa Foto Dengan Cakada
Minggu, 10-12-2017 | 22:21 wib
Oleh : Herpin Pranoto
Ngawi pojokpitu.com, Bawaslu Jawa Timur, melarang penyelenggara pemilu , khususnya anggota lembaga pengawas pemilu, melakukan Swa Foto dengan calon kepala daerah. Penerapan etika ini, untuk menjaga prinsip netralitas, saat bertugas mengawasi jalannya pesta demokrasi.

Larangan Swa Foto dengan calon kepala daerah, disampaikan Mohamad Amin, Ketua Bawaslu Jawa Timur,  saat memberikan pembekalan kepada 57 anggota Panwascam Se-Kabupaten Ngawi, di gedung  pertemuan Sukowati. Seiring kemajuan zaman, Swa Foto merupakan kegiatan wajar bagi warga yang memiliki gadget, untuk disebarkan di media sosial.

Namun bagi anggota lembaga pengawas pemilu, khususnya di jawa timur, berSwa Foto dengan calon kepala daerah, tindakan itu dilarang. Swa Foto, dengan calon kepala daerah, dinilai bisa menimbulkan potensi masalah. Meskipun tidak ada aturan tertulis, namun etika tersebut, merupakan sikap berhati hati, agar prinsip netralitas dari lembaga pengawas pemilu mulai dari tingkat provinsi hingga tingkat bawah , tetap terjaga. "Larangan Swa Foto, juga berlaku tidak hanya orangnya , tetapi kendaraan dan alat peraga kampanyenya," kata Moh. Amin.

Pembekalan terhadap oleh anggota Panwascam se-Kabupaten Ngawi, bertujuan memberikan tambahan wawasan dan skill, untuk bertugas mengawasi pemilukada Jatim, pemilu legislatif dan pemilu presiden. Saat ini, Panwaslu  Kabupaten Ngawi, dalam proses mengawasi verifikasi partai politik dan pendataan  daftar pemilih.

Sanksi pelanggaran dari larangan selfie  dengan calon kepala daerah, nantinya berupa teguran lisan saja. Sanksinya ringan, namun kepada anggota lembaga pengawas pemilu di Jawa Timur, diharapkan mematuhinya, agar terhindar dari berbagai masalah di kemudian hari. (pul)


Berita Terkait


Ditetapkan, Bawaslu Turunkan Banner Calon Tunggal

Manfaatkan Jam Kerja Dampingi Bacawagub, Bawaslu Akan Panggil Risma

Bawaslu RI Libatkan Santri Sebagai Pengawas Pemilu

Ingat, Bawaslu Jatim Larang Anggotanya Swa Foto Dengan Cakada


Lagi, La Nyalla Mattalitti Mangkir Panggilan Ke 3 Bawaslu

La Nyalla Tidak Hadiri Panggilan Bawaslu

Hingga Siang Ini La Nyalla Tidak Hadiri Panggilan Bawaslu Jatim

Hari ini Bawaslu Jatim Panggil La Nyalla, Untuk Klarifikasi Mahar Rp 40 Miliar
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber