Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

BKSDA dan Polisi Patroli Pastikan Kondisi Hiu Tutul Sehat
Jum'at, 08-12-2017 | 20:11 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Untuk memastikan keselamatan dan kondisi kesehatan kawanan hiu tutul di Perairan Probolinggo, Jawa Timur, petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA ) bersama pihak kepolisian setempat melakukan patroli cek langsung salah satu hewan dilindungi ini. Tak hanya itu, petugas BKSDA mengintruksikan para nelayan saat melaut menjauhi kawanan mamalia ini.

Sejak sepekan ini, di sepanjang perairan pantai utara Probolinggo Jawa Timur, kedatangan segerombolan ikan hiu tutul atau whale shark.
 
Dengan kondisi tersebut, petugas BKSDA Seksi 6 bersama Satpol Air Polres Probolinggo, terus melakukan patroli rutin untuk melihat dari dekat kondisi kawanan mamalia yang dilindungi ini.
 
Selain memastikan keselamatan, petugas juga memastikan kondisi belasan hiu tutul ini dalam kondisi sehat. Dari data Balai Konservasi Sumber Daya Alam, populasi hiu tutul saat ini terus berkurang.
 
Whale shark ini sering berkeliaran di sepanjang pantai utara Jawa, khususnya Probolinggo pada bulan November sampai Januari. Pasalnya, selain kondisi air laut hangat karena musim penghujan, juga dikarenakan banyaknya plankton yang menjadi makanan hiu tutul ini.
 
Petugas juga memberikan himbauan ke para nelayan, untuk menghindari kalau melihat kawanan hiu tutul, saat mencari ikan. Pasalnya, jaring ikan dan baling - baling mesin perahu dikhawatirkan bisa melukai tubuh hiu tutul yang akan menyebabkan kematian.
 
Sudartono Kepala Seksi 6 BKSDA Probolinggo, mengatakan, "Kondisi belasan hiu tutul yang berinvasi dari perairan Australia ke perairan Jawa sangat sehat, dan nelayan juga menjaga hiu tutul sangat bagus."
  
Sementara itu, AKBP Fadly Samad Kapolres Probolinggo mengatakan, "Selain terus lakukan patroli rutin di perairan Probolinggo, di bulan Desember banyak hiu tutul datang ke pantai utara ini. Kami akan menambah jadwal patroli laut."
 
Diperkirakan bulan depan hingga Februari, terus berdatangan invasi hiu tutul ke perairan Jawa hingga mencapai ratusan hidup dengan cara berkoloni.(end)

Berita Terkait


Nelayan Lepaskan Hiu Tutul Sepanjang 5 Meter yang Terjerat Jaring

BKSDA dan Polisi Patroli Pastikan Kondisi Hiu Tutul Sehat

Hiu Tutul Terkena Jaring Nelayan Kenjeran


BKSDA dan Polisi Patroli Pastikan Kondisi Hiu Tutul Sehat

Muncul Kawanan Hiu Tutul di Laut Utara Probolinggo

Hiu Tutul 4 Meter Terdampar Jadi Tontonan Warga

Kawanan Hiu Tutul Serbu Pantai di Probolinggo
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber