Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Unik, Lukisan Tiga Dimensi di Jalan Aspal
Jum'at, 08-12-2017 | 06:11
Oleh : Herpin Pranoto
Berita Video : Unik, Lukisan Tiga Dimensi di Jalan Aspal
Ngawi pojokpitu.com, Tiga seniman lukis berkarya menghias jalan beraspal, yang melintasi kawasan Alun Alun Merdeka Ngawi. Dengan beragam kesulitan untuk menyelesaikan sebuah lukisan, tiga seniman ini membutuhkan waktu penggarapan hingga 2 - 4 hari.

Melukis bisa dilakukan dengan beragam media. Salah satunya, dengan media jalan aspal. Seperti yang dilakukan tiga pelukis muda ini, Wachid Amarudin, Diah Rahmawati, dan Reny Retnosari, menggunakan jalanan yang membelah Alun - Alun Merdeka Ngawi, untuk menunjukkan kreatifitasnya.

Tiga pelukis asal Desa Tanjungsari Kecamatan Jogorogo Ngawi, menggunakan cat tembok untuk melukis. Jika biasanya, melukis mural kali ini, mereka melukis tiga dimensi. Sebelum pengecatan, jalan beraspal dibersihkan dengan sikat dan air, dari berbagai debu dan kotoran. 

Selanjutnya, dibuat sketsa agar mempermudah melukis. Untuk menampilkan warna, permukaan aspal dicat putih sebagai dasar bagi warna lainnya.

"Lukisan tiga dimensi sebenarnya merupakan lukisan dua dimensi, sehingga perlu menentukan perspektif agar lukisan menjadi hidup. Dibuat di atas jalanan, lukisan ini menggunakan perspektif dari sudut pandang pengguna jalan," tutur Wachid Amarudin, salah satu pelukis tiga dimensi. 

"Untuk menyelesaikan satu lukisan, dibutuhkan waktu antara 2 hari hingga 4 hari. Selain menentukan perspektif, kesulitan melukis di atas jalan aspal,  berkaitan dengan kondisi cuaca," kata Reny Retnosari, pelukis mural. 

Di luar hobi melukis, ketiga seniman ini bekerja sebagai guru pada lembaga pendidikan swasta yang berbeda. Ketiganya sering bertemu dalam berbagai kegiatan dunia pendidikan, sehingga memutuskan bergabung, karena memiliki hobi yang sama.(end)

Berita Terkait


Unik, Lukisan Tiga Dimensi di Jalan Aspal

Kampung Tiga Dimensi Tidak Pernah Sepi Pengunjung

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber