Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Mlaku - Mlaku 

Penginapan Yang Menawarkan Konsep Ramah Lingkungan
Kamis, 07-12-2017 | 23:40 wib
Oleh : Selvy Wang
Situbondo pojokpitu.com, Konsep ecotourism menjadi peluang menarik bagi Nurdin Razak yang mengembangkan penginapan berkonsep ramah lingkungan, di Desa Wonorejo, Banyuputih, Situbondo.

Nurdin Razak mengaku berawal dari kecintaannya pada alam bebas dan akademisi bidang ekowisata. Menjadikan nurdin razak terjun sebagai fotografer alam bebas. Berbagai kesibukan seputar alam bebas ia geluti , termasuk menjelahi hutan seperti Taman Nasional Baluran yang berada di perbatasan Situbondo - Banyuwangi. Bahkan menjelajahi taman nasional baluran itu menjadi rutinitas karena seirng dilakukan.  

Dari situ, Nurdin mempunyai ide membuat penginapan berkonsep ecolodge yang mengutamakan kecintaan terhadap alam dan lingkungan, yang diberi nama Baluran Ecolodge. Berada di Desa Wonorejo , Kecamatan Banyuputih , Situbondo, menawarkan kenyamanan ala rumah. Dimana dalam setiap ornamen bangunan tidak lepas dari tema alam dan seperti rumah tinggal.

Uniknya di sini tidak menyediakan room servis, karena Nurdin ingin setiap tamu merasa bagian dari rumah sebagai keluarga. Bahkan tidak menyediakan televisi. Karena Nurdin ingin setiap tamu yang tinggal tidak terganggu dengan kebisingan dan merasakan alam.

"Tarif rata-rata Rp 400 per malam termasuk sarapan, dan promosinya melalui internet," kata Nurdin. 

Tak heran banyak tamunya 90 persen berasal dari eropa barat seperti Jerman , Inggris, Perancis atau Swiss. Sisanya yaitu turis dari asia tenggara dan nusantara.  

Selain penginapan, Nurdin juga melengkapi dengan paket wisata yang disebut tur desa. Dimana tamu diajak untuk menikmati keramahan lingkungan sekitar penginapan, serta ecotour package atau tur ke Taman Nasional Baluran Situbondo. (pul)

Berita Terkait


Razia Penginapan, 3 PSK Berhasil Diamankan

Inovasi Bisnis Penginapan Berbasis Syariah

Penginapan Yang Menawarkan Konsep Ramah Lingkungan

Razia Penginapan, Polres Temukan Empat Pasangan Mesum Tanpa Status


First Travel Tidak Lagi Bayar Penginapan, Jamaah Umrah Pulang Sia-Sia

Razia Penginapan, Polres Temukan Empat Pasangan Mesum Tanpa Status

Penyebrangan Ditutup, Penumpang Terlantar di Penginapan

Akibat Arus Pendek, 2 Penginapan di Sedati Terbakar
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber